Berita

Pada hari Kamis, 22 Desember 2022, tim SPI mengunjungi KAP Hari Purnomo & Jaswadi yang berlokasi di Malang. Tujuannya adalah dalam rangka komunikasi awal terkait pelaksanaan Audit Laporan Keuangan BLU UINSA Tahun 2022.

Figure 1 Perkenalan dan Pemaparan dari Tim KAP Hari Purnomo dan Jaswadi

Dalam pertemuan tersebut disebutkan bahwa ada 7 orang auditor yang direncanakan membantu pelaksanaan audit laporan keuangan BLU Tahun 2022 di UINSA. Diantaranya adalah Bapak Hari Purnomo sebagai Auditor Utama, Bapak Joko Suyono sebagai Manager KAP yang bertugas memimpin audit, Bapak Sodiq Maulana sebagai Ketua Tim Pengumpul Bukti, dan 4 orang auditor lainnya sebagai anggota. Dalam pelaksanaannya, tim SPI akan sering berkomunikasi dengan Bapak Sodiq Maulana berkaitan dengan pengumpulan bukti-bukti yang dibutuhkan selama audit laporan keuangan.

Selanjutnya, tim KAP Hari Purnomo & Jaswadi akan mulai melakukan pengumpulan data pada akhir Februari dan audit lapangan pada bulan Maret minggu kedua. Jadwal ini sesuai dengan schedule pemeriksaan LKPP, LKKL, dan LKBUN Tahun 2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Figure 2 Diskusi Catatan Audit 2021 dengan Tim KAP Hari Purnomo dan Jaswadi

Bapak Joko Suyono, manager KAP, mengatakan bahwa salah satu catatan laporan keuangan tahun sebelumnya yang masih perlu diperhatikan adalah pengelolaan Gedung Perpustakaan baru yang masih berstatus KDP (Konstruksi dalam Pengerjaan) dan belum didukung sepenuhnya dengan bukti secara hukum, karena bisa berpotensi sebagai temuan audit. Terlebih Gedung tersebut akan terus mengeluarkan biaya pemeliharaan secara berkala.

Hasil dari audit ini nantinya akan berbentuk kesimpulan berupa opini. Kesimpulan Hasil Opini Audit tersebut dikeluarkan oleh Bapak Hari Purnomo sendiri sebagai Auditor Utama.

Figure 3 Kepala dan Sekretaris SPI UINSA bersama  Pimpinan KAP Hari Purnomo dan Jaswadi