Berita

Perpustakaan UINSA menjadi tuan rumah kegiatan Seminar, Pelantikan dan Rapat Kerja APPTIS Jawa Timur (APPTIS Jatim) periode 2023-2027 dengan tema “satukan persepsi dalam optimalisasi fungsi organisasi profesi sebagai wadah peningkatan kompetensi.” Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Jumat-Sabtu (23-24/02/2024) berlokasi di Smart Room, Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan ini diawali oleh sambutan kepala perpustakaan UINSA, Prof. Dr. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I UINSA, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag.

Agenda kegiatan berikutnya yaitu pelantikan pengurus APPTIS Jatim Periode 2023-2027 yang dipimpin oleh Dr. Labibah Zein, MLIS. Kegiatan pelantikan ini turut dihadiri oleh pengurus APPTIS Pusat, Dewan Pembina APPTIS Jatim, pengurus Demisioner APPTIS Jawa Timur periode 2019-2023, kepala perpustakaan dan pustakawan PTKIN di wilayah Jawa Timur. Pengurus APPTIS Jatim periode 2023-2027 yang diketuai oleh Hairul Agust Cahyono, S. Sos., S.IPI., M. Hum. ini menerima penyerahan bendera APPTIS yang diserahkan oleh Ketua APPTIS Pusat yaitu, Dr. Labibah Zain, MLIS. Dalam kegiatan ini, sebanyak 15 pustakawan UINSA turut dilantik, diantaranya yaitu 6 pustakawan di bidang penguatan organisasi dan advokasi, 2 pustakawan di bidang pengembangan sumber daya manusia, 2 pustakawan di bidang penelitian dan publikasi, 1 pustakawan di bidang promosi dan kerjasama, 2 pustakawan di bidang teknologi informasi

Kegiatan selanjutnya adalah seminar dengan pembicara pertama Prof. Dr. Parmin, M. Pd, yang membahas strategi penyusunan dan publikasi karya ilmiah. Pembicara kedua adalah Ibu Dr. Labibah Zain, M. LIS, yang mengupas tentang kekuatan kerjasama perpustakaan dalam pendidikan tinggi Islam melalui APPTIS. Pembicara terakhir adalah Bapak Mufid, S.Ag., SS., M. Hum, yang membahas tentang peningkatan inovasi pustakawan melalui APPTIS Jawa Timur.

Memasuki agenda inti lainnya yaitu, melakukan rapat kerja terkait program kerja pada masing-masing bidang yang terdiri dari bidang penguatan organisasi dan advokasi; bidang pengembangan sumber daya manusia; bidang penelitian dan publikasi; bidang promosi dan kerjasama dan bidang teknologi informasi. Masing-masing bidang berdiskusi untuk menyusun program kerja dan mempresentasikan hasil diskusi dihadapan para pengurus lainnya, guna mendapatkan saran agar program kerja kerja yang telah disusun dapat menjadi lebih sempurna. Berdasarkan program kerja yang telah dipaparkan, pengurus APPTIS Jatim periode 2023-2027 menetapkan 25 program kegiatan yang akan diimplementasikan selama empat tahun mendatang.

Kegiatan ditutup dengan sambutan ketua APPTIS Jatim, APPTIS pusat, dan Kepala Perpustakan UINSA. Dengan pesan yang sama berharap APPTIS dapat meningkatkan kompetensi Pustakawan secara profesional. (Dep)