Berita

Pada tanggal 22 hingga 24 Mei 2024, Ketua Program Studi (Kaprodi) dan Sekretaris Program Studi (Sekprodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Dr. Muhammad Fahmi dan Auliya Ridwan, M.Pd.I, MS, turut serta dalam acara Perkumpulan Program Studi PAI Indonesia yang diselenggarakan di Bengkulu. Acara ini merupakan forum penting bagi akademisi dan praktisi PAI dari berbagai universitas di Indonesia untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait perkembangan pendidikan agama Islam di Tanah Air.

Acara dibuka dengan gemerlapnya performance tari khas Bengkulu, mempersembahkan kekayaan budaya daerah sebagai pembukaan yang meriah. Dilanjutkan dengan sambutan dari panitia acara, yang menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antarprogram studi PAI dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia.

Hari kedua acara ditandai dengan adanya seminar internasional yang menghadirkan pembicara dari beberapa negara, seperti, India, Finlandia, dan Indonesia. Sejumlah tokoh terkemuka dari Indonesia seperti Prof. Noorhaidi, Ph.D (Guri Besar UIN Sunan Kalijaga), Prof. Abuddin Nata, MA (Guru Besar UIN Yogyakarta), dan Prof. Zubaidi, M.Ag (Guru Besar UIN Fatmawati Bengkulu) hadir sebagai pembicara untuk menyampaikan pemikiran dan penelitian terkini dalam bidang pendidikan agama Islam. Sementara itu pembicara dari Finlandia adalah Prof. Dr. Koen Veermans (Guru Besar University of Turku, Finlandia) dan pembicara dari India yaitu Prof. Dr. Tasleema (Guru Besar University of Kashmir, India).

Setelah sesi seminar, kegiatan dilanjutkan dengan studi kawasan, di mana para peserta berkesempatan untuk mempelajari secara langsung kondisi pendidikan agama Islam di Bengkulu dan membandingkannya dengan pengalaman dari daerah masing-masing. Selain itu, artikel-artikel yang telah dikirimkan ke panitia untuk konferensi akan diproses dalam publikasi proceeding, sebagai wujud nyata dari komitmen untuk berbagi pengetahuan dan menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan agama Islam di Indonesia.

Partisipasi Kaprodi dan Sekprodi PAI FTK UIN Sunan Ampel Surabaya dalam acara Perkumpulan Prodi PAI Indonesia di Bengkulu menunjukkan komitmen yang kuat dalam memperkaya wawasan dan pengetahuan dalam bidang pendidikan agama Islam. Acara ini menjadi momentum penting untuk memperkuat jaringan kerjasama antarprogram studi PAI di seluruh Indonesia, sehingga dapat terjadi pertukaran ide dan pengalaman yang berharga.

Seminar internasional yang menghadirkan pembicara dari beberapa negara memberikan perspektif yang luas dan mendalam terhadap tantangan dan peluang dalam pengembangan pendidikan agama Islam di era globalisasi ini. Kehadiran tokoh-tokoh terkemuka dari Indonesia juga menjadi inspirasi bagi para peserta untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di Tanah Air.

Studi kawasan yang dilakukan sebagai bagian dari acara ini memberikan kesempatan berharga untuk memahami konteks lokal dan mempelajari praktik-praktik terbaik dalam pendidikan agama Islam di Bengkulu. Hal ini dapat menjadi referensi penting dalam merancang kebijakan dan program pembelajaran yang relevan dengan realitas sosial dan budaya setempat.

Publikasi proceeding dari artikel-artikel yang disampaikan dalam konferensi menjadi bukti nyata dari kontribusi intelektual dan akademis yang dihasilkan dalam acara ini. Dengan demikian, acara Perkumpulan Prodi PAI Indonesia di Bengkulu tidak hanya menjadi ajang pertemuan, tetapi juga sarana untuk menghasilkan pemikiran dan pengetahuan yang dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan pendidikan agama Islam di Indonesia. (spau)