Berita
KONFERENSI NASIONAL : PEMANFAATAN KECERDASAN BUATAN DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA ERA 5.0
Senin, 3 Juni 2024 Prodi Pendidikan Bahasa Arab menggelar acara Konferensi Nasional dengan mengangkat tema;
الدكاء الإصطناعي في تعليم اللغة العربية بعصر ٥,٠
“Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Era 5.0” diharapkan dengan adanya acara konferensi nasional ini bisa menambah wawasan mengenai pembelajaran bahasa Arab dengan memanfaatkan teknologi di era 5.0. Acara dimulai pada pukul 08.30 yang diselenggarakan di Aula lt.4 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.
Acara dibuka oleh Master of Ceremony yang dibawakan oleh Muhammad Abdurrafi’ Hanif Alfawwaz dan Afiyatul Maulidiyah (Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab semester 4). Dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Aulia Salsabila (Mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Arab semester 2). Acara selanjutnya yakni menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan HYMNE Uinsa yang dipimpin oleh Rahayu Adistyarani (Mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa arab semester 2). Dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua pelaksana, yakni Dr. Umi Hanifah, M.Pd.I, kemudian disambung oleh sambutan dari Prof. Dr.H. Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd., selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang berhalangan hadir dan tanpa mengurangi rasa hormat, beliau diwakilkan oleh Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag selaku wakil dekan bidang akademik dan kelembagaan. Kemudian ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh ustadz Moh. Faizin M.Pd.I selaku kepala jurusan bahasa.
Acara konferensi nasional ini dipandu oleh ustadzah Wulan Fatimatul Djamilah, M.Pd.I, selaku moderator pada acara konferensi nasional 2024. Acara konferensi nasional ini diisi oleh tiga narasumber yang sangat luar biasa, narasumber pertama yakni Dr. Henry Praherdhiono, S.Si, M.Pd, beliau membawakan materi tentang “Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Era 5.0”. Kemudian narasumber yang kedua yakni Dr. Zaki Ghufron, B.Ed, M.A, beliau beliau membawakan materi tentang “Desain Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Artificial Intelligence”. Dan selanjutnya narasumber yang ketiga yakni Prof. Dr. Phil. Kamal Yusuf, SS, M.Hum, beliau membawakan materi tentang “Integritas Artificial Intelligence dalam Materi Bahasa Arab”. Lalu disambung dengan sesi tanya jawab dan terdapat beberapa pertanyaan dari mahasiswa mengenai materi” yang telah disampaikan. Acara ini berakhir pada pukul 12.00 siang hari yang ditutup dengan sesi dokumentasi.