Berita

Komunikasi dan kolaborasi merupakan kunci dari setiap lembaga untuk terus tumbuh dan berkembang. Penyelenggara pendidikan seperti Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), FTK UINSA, misalnya, juga senantiasa berupaya untuk terus menjalin komunikasi dan menginisiasi serta memelihara kerjasama dengan berbagai pihak dalam penyelenggaraan layanan pendidikannya. Hal ini karena pendidikan merupakan kunci utama dari pembentukan karakter dan kompetensi sumber daya manusia.

Sebagai upaya untuk menjalin komunikasi dan memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak, terutama dengan lembaga dibawah naungan Kementerian Agama, delegasi PBI menghadiri 12th ELITE Conference dan ELITE Congress. ELITE merupakan asosiasi program studi bahasa, sastra dan pendidikan Bahasa Inggris baik negeri maupun swasta dibawah naungan Kementerian Agama. Konferensi ke-12 ini diselenggarakan atas kerjasama ELITE dengan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tahun ini ELITE mengusung tema The Practice of Coexistence in Language, Literature and Language Teaching. Konferensi dan kongres ini diselenggarakan bersamaan dengan the 3rd International Symposium on the Practice of Coexistence in Islamic Culture. Selain dari Indonesia, kegiatan ini menghadirkan ratusan presenter dan peserta dari berbagai negara diantaranya Turki, Bangladesh, Thailand,  dan Australia.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari mulai Selasa hingga Kamis 28-30 Mei 2024 ini, Siti Asmiyah, delegasi dari PBI FTK juga mendiseminasikan hasil awal penelitiannya. Mengangkat topik tentang kesiapan tugas akhir mahasiswa,  penelitian ini merupakan kerja kolaboratif dengan Rizka Safriyani yang juga pengurus ELITE dan Hilda Izzati Madjid. Dalam kesempatan ini pula delegasi dapat mengambil pengetahuan tentang tren-tren penelitian di berbagai negara dan lembaga.  Dengan banyaknya perwakilan dari berbagai lembaga, pada kesempatan ini juga dieksplorasi potensi-potensi kerjasama antar perguruan tinggi utamanya dalam penyelenggaraan kegiatan tri dharma. Dengan semangat kolaborasi, semoga prodi-prodi Bahasa Inggris dibawah naungan Kementerian Agama semakin maju dan tumbuh bersama. Stronger together, together stronger.    (SA)