Berita

Psikologi dan Kesehatan

Wednesday, 10 August 2022

Percepat Impelementasi MBKM, Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA Gandeng Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura

Madura – Fakultas Psikologi dan Kesehatan terus mendorong percepatan-percepatan program sebagai Langkah untuk merealisasikan inovasi-inovasi yang berkelanjutan. Salah satu inovasi akademis yang dilakukan adalan mengimplementasikan program MBKM secepat dan semaksimal mungkin. Fakultas Psikologi dan Kesehatan terus mencoba menjalin Kerjasama dengan berbagai pihak dalam merealisasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini, salah satunya dengan Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura.

Untuk menindaklanjuti implementasi program MBKM dengan Prodi Psikologi FISIB Universitas Trunojoyo Madura ini, maka pihak Fakultas Psikologi dan Kesehatan melaksanakan kunjungan ke Universitas Trunojoyo Madura. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FPK Dr. Suryani, M.Si memimpin kunjungan ini dengan didampingi oleh Kepala Laboratorium Rizma Fithri, S.Psi., M.Si., Kaprodi Psikologi Dr. Lufiana Harnani Utami, S.Pd., M.Si., Sekprodi Psikologi Syafruddin Faisal Thohar, M.Psi., Psikolog., Pengadministrasi Akademik, Endang Wahyuni, S.Ag., M.Psi serta dua orang dosen dari FPK, Muhammad Syifaul Muntafi, M.Sc. dan M. Fahmi Aufar Asyraf, B.Ed., M.A. Rombongan dari Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA ini disambut hangat `oleh H. Ahmad Cholil, M.Si., Ph.D. selaku Wakil Dekan II Faukultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Dr. Yudho Bawono, S.Psi., M.Si. selaku coordinator Prodi Psikologi beserta seluruh dosen Prodi Psikologi FISIB Universitas Trunojoyo Madura.

Dalam sambutannya H. Ahmad Cholil M.Si., Ph.D. menyatakan bahwasanya FISIB UTM sangat terbuka dengan pihak manapun terkait dengan implementasi MBKM salah satunya dengan FPK UINSA, “Kami menyambut baik FPK UINSA untuk melaksanakan implementasi MBKM di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya UTM, khususnya di Prodi Psikologi”, ujar Wakil Dekan II FISIB ini. Selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan dari Koordinator Prodi Psikologi yang memperkenalkan seluruh struktur dan dosen Prodi Psikologi serta melanjutkan dengan mengatakan bahwa implementasi MBKM berupa pertukaran pelajar atau mahasiswa ini sebisa mungkin dapat segera direalisasikan di tahun akademik berjalan ini. “Kami sudah memiliki pengalaman terkait dengan pertukaran pelajar dengan mahasiswa dari kampus lain, harapannya ke depan pertukaran mahasiswa dengan FPK UINSA dapat segera terealisasi dan berjalan dengan lancar” sambut Dr. Yudho Bawono S.Psi., M.Si. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan gambaran kurikulum dan rencana program MBKM yang akan diterapkan FPK UINSA oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FPK. Dalam paparannya beliau menyatakan bahwa sejatinya kurikulum MBKM yang diterapkan oleh FPK UINSA baru akan dimulai tahun depan dengan menggunakan kurikulum 2021, namun apabila terdapat matching mata kuliah yang dijalankan maka dapat dilaksanakan tahun ini. “Kami mempersiapkan dua mahasiswa yang bisa dikirimkan ke UTM ini sebagai batu loncatan dan pilot project FPK UINSA dalam mempercepat implementasi MBKM” ujar Dr. Suryani, M.Si. Acara ditutup dengan diskusi yang berjalan hangat antara rombongan delegasi dari pihak FPK UINSA dengan tuan rumah Prodi Psikologi FISIB UTM berkaitan dengan pembahasan lebih lanjut terkait dengan teknis pelaksanaan MBKM dari kedua belah pihak.