Berita

@Tarbiyah dan Keguruan

Friday, 21 January 2022

Penyelenggaraan Grand Launching Online Workshop Series: Guru The Media Creator Seri Pertama angkat tema Learning Media and Technology in the Digital Era

Melanjutkan konsistensi keberlangsungan Pengabdian kepada Masyarakat yang juga merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya sukses melenggarakan Grand Launching seri terbaru Online Workshop Series, Guru: The Media Creator dengan sebuah Webinar bertema Learning Media and Technology in the Digital Era pada Jumat pagi (21/1) melalui zoom meeting. Pada lembaran baru paket seri workshop tahun 2022 ini, Prodi PBI berkolaborasi dengan Prodi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi, Pusat Studi Literasi, Perpustakaan, dan Community English Department Alumni (CEDA). Terbuka untuk umum, sejumlah guru dari berbagai level pendidikan, dosen, serta mahasiswa menjadi peserta seri workshop daring ini. Peserta yang akan mengikuti pembimbingan secara intensif untuk seri-seri selanjutnya akan dipandu untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran yang berbasis teknologi.

Webinar yang mengusung tema Learning Media and Technology in the Digital Era menghadirkan dua narasumber yang masing-masing berasal dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah yaitu Bapak Muhammad Syaifuddin, M.Ed., Ph.D yang juga merupakan seorang Computer Assisted Language Learning Specialist dan Ibu Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusdiyah dari, M.Ag dari Fakultas Sains dan Teknologi yang juga merupakan seorang konsultan teknologi pendidikan Webinar yang sekaligus grand launching seri terbaru Online Workshop Series, Guru: The Media Creator ini dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, Bapak Prof. Hj. Dr. Ali Mas’ud, M.Ag yang selanjutnya dipandu oleh Ibu Rakhmawati, M.Pd.

Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusdiyah dari, M.Ag membahasa tentang How Technology Impacts Students’ Learning atau bagaimana teknologi berdampak pada pembelajaran peserta didik. Sejumlah data dikemukakan terkait penggunaan teknologi oleh masyarakat Indonesia, baik jenisnya, waktu, dan arah penggunaannya serta bagaiman efek atau dampak yang ditimbulkan oleh teknologi pada pembelajaran. Pada akhir pemaparannya, Ibu Evi menyertakan poin-poin penting terkait pentingnya digital literasi dan praktis penggunaan teknologi dalam pembelajaran yang perlu untuk diperhatikan oleh para pendidik.

Narasumber kedua, Bapak Muhammad Syaifuddin, M.Ed., Ph.D, melanjutkan sesi berbagi ilmu pada workshop series pertama tahun ini dengan topik Teacher’s Role in The Tecnhology-Rich Educational Context. Sebelum memaparkan materi, Pak Syaifuddin beirnteraksi dengan peserta webinar dengan mengajak mereka menuliskan 5 kata berkenaan dengan ekspektasi mereka tentang guru yang mengajar daring. Hasil jawaban peserta menjembatani pada pembahasan peran umum guru dan asumsi umum terkait pengajaran yang dilakukan guru. Pak Syaifuddin menambahkan dalam pemaparannya bahwa ada beberapa kemampuan atau skill saat ini yang sangat dibutuhkan oleh seorang guru untuk menjalankan perannya, yaitu curricukum knowledge, technology skills, communication skills, teaching creatively, time management, and giving feedback.

Dalam sesi tanya jawab, antusias peserta semakin meningkat berdasar pada paparan yang telah disampaikan oleh kedua narasumber baik.. Pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan baik secara langsung maupun yang melalui chat zoom ditanggapi langsung satu per satu oleh narasumber. Pertanyaan sesi diskusi tanya jawab mencakup berbagai persoalan dalam menghadapi situasi tertentu yang dialami peserta kegiatan dalam pembelajaran daring dan saran dalam menentukan media pembelajaran yang tepat digunakan di situasi mereka. Baik narasumber pertama maupun kedua pada sangat menekankan pentingnya penggunaan dan adaptasi terhadap teknologi pada pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan sehingga bekal kemampuan guru sebagai seorang Media Creator menjadi esensial di era ini.