Berita

@Psikologi dan Kesehatan

Friday, 18 March 2022

Peningkatan Mutu Penulisan Jurnal Internasional Bagi Dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA

Surabaya – Kegiatan Peningkatan Mutu Penulisan Jurnal Internasional berlangsung di Ruang Auditorium Lantai 2 Kampus II Gedung Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (17/03/2022) pukul 08:00-12:00 WIB ini dihadiri oleh seluruh Dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan sebagai peserta. 

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu penulisan jurnal international bereputasi bagi dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan ini dipandu oleh Ibu Endang Wahyuni selaku MC. 

Kegiatan diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh MC, dilanjutkan dengan pembacaan Ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Uin Sunan Ampel Surabaya, Sambutan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya dan Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan. 

Selanjutnya menuju acara inti, sesi pemaparan materi oleh dua narasumber yaitu Dr. Ida Bagus Siaputra, S.Psi dari Universitas Surabaya dan Prof. Dr. Hj Ulfiah, M.Si dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kemudian disambung dengan sesi tanya jawab. Sesi pemaparan materi ini di moderatori oleh Muhamad SyifaulMuntafi, M.Sc selaku Dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan. 

Materi I disampaikan oleh Dr. Ida Bagus Siaputra, S.Psi  dengan tema “Sosialisasi dan penyelarasan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2021 tentang Integritas Akademik dalam menghasilkan Karya Ilmiah di UINSA.” 

Dalam pemaparannya, Beliau menjelaskan bahwa “Ada beberapa kasus jurnal yang telah dipublikasi, kemudian dicabut publikasinya karena ada permasalahan didalamnya.” 

“Etika publikasi menekankan pada proses tata kelola publikasi yang etis, sedangkan integritas ilmiah atau akademik berfokus pada pengenalan dan penerapan nilai mendasar mengenai tindakan berintegritas.” sambungnya. 

Selain itu, Dr. Ida Bagus Siaputra, S.Psi juga menyampaikan ada beberapa pelanggaran dalam melakukan riset diantaranya; ketidaksesuaian dengan aturan sehingga tidak bisa diterima sebagai praktik ilmiah yang baik. Serta terjadi pelanggaran seperti diragukan/dipertanyakan, kurang tepat, serta pelanggaran terang-terangan. 

Setelah materi I selesai, dilanjutkan oleh pemaparan materi II  bertemakan “Penulisan artikel Ilmiah untuk Publikasi Nasional dan Internasional Bereputasi” yang disampaikan oleh Prof. Dr. Hj Ulfiah, M.Si. 

Terdapat tiga poin utama yang dapat diambil dari penjelasan Prof. Dr. Hj Ulfiah, M.Si., yaitu: 
1. Dalam menulis jurnal harus pantang menyerah. 
2. Dalam penulisan artikel membutuhkan kolaborasi, artinya membutuhkan orang lain sebagai team atau sebagai pemberi penguatan. 
3. Konsistensi pada bidang yang dipilih dalam membentuk tulisan. 

Setalah materi II selesai, disambung dengan sesi tanya jawab yang dipimpin oleh moderator. 

Kegiatan berakhir pukul 12:00 WIB, ditutup dengan do’a dan melakukan sesi foto bersama dengan para dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan dan narasumber pada kegiatan pagi hari kemarin.