Berita

Pemilihan Umum Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya Periode 2024/2025

Regenerasi kepemimpinan dalam suatu organisasi, merupakan hal yang wajar. Dan bisa dibilang regenerasi organisasi termasuk prestasi. Prestasi adalah pencapaian atau hasil yang diperoleh dari suatu usaha. Regenerasi organisasi adalah proses penggantian kepemimpinan atau anggota organisasi dari generasi tua ke generasi muda. Proses ini dapat dilakukan secara alamiah atau dengan perencanaan yang matang. Regenerasi organisasi merupakan hal yang penting bagi keberlanjutan organisasi. Organisasi yang tidak melakukan regenerasi akan mengalami kemunduran dan stagnasi.

Hal tersebutlah yang menjadi acuan untuk menyelenggarakan kegiatan pemilihan Ketua Himpunan Teknik lingkungan periode 2024/2025 dengan para panitia penyelenggara yang tidak terikat oleh himpunan itu sendiri. Dan dalam kegiatan tersebut, panitia memberikan sarana untuk kepada para warga HMTL UINSA untuk mengenal lebih dalam sosok dan karakter yang ada di dalam diri para kandidat ketua himpunan Teknik lingkungan UINSA.

Kegiatan ini memiliki 3 rangkaian acara, yaitu Uji Publik, Pemilihan Umum, dan Perhitungan Hasil Suara serta Serah Terima Jabatan dari ketua himpunan periode 2023/2024 kepada kandidat ketua himpunan periode 2024/2025 yang terpilih.

Acara yang pertama yaitu uji publik, dilaksanakan pada tanggal 30 Desember 2023 bertepatan di hari Sabtu. Diselenggarakan di Ruang 8.5 dan 8.8 Gedung FST Kampus II  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Gunung Anyar Surabaya. Dimana acara tersebut diawali dengan pembukaan, sambutan, pemaparan visi misi, sesi debat kandidat, sesi pertanyaan panelis, sesi tanya jawab warga, lalu penutup dan dokumentasi.

Dalam sub pemaparan visi misi, para kandidat dipersilakan untuk memaparkan visi misi serta program unggulan yang telah disiapkan yang selanjutnya akan diperdebatkan dengan kandidat lain. Dalam sesi debat tersebut para kandidat tidak diperbolehkan untuk membawa isu yang bersifat personal. Selanjutnya, para kandidat diberikan soal oleh moderator dan dipersilakan untuk menjawab sesuai dengan problem solving yang dimiliki masing – masing kandidat sehingga para peserta yang menghadiri uji publik baik offline maupun online mampu menentukan pilihan kandidat mana yang akan dipilih.

Selanjutnya, sesi pertanyaan dengan panelis, di sub ini salah satu kandidat dipersilakan untuk meninggalkan ruangan guna menghindari terjadinya adanya kesamaan jawaban dari kandidat lain. Panelis terdiri dari 3 orang yang masing – masing memiliki subtema yang berbeda. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh warga, sesi ini ditujukan untuk para kandidat agar lebih dekat mengenal para warga yang akan segera mereka tuntun jalannya selama periode 2024/2025 berjalan.

Selanjutnya, masuk ke acara pemilihan umum. Pemilihan umum dilakukan sewajarnya pemilihan umum, yakni menggunakan kertas suara dengan disertai bilik suara dan kotak suara. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, ada dua cara untuk mengikuti pemilihan, yakni offline dan online. Pemilihan offline diadakan tepat setelah uji publik usai. Lalu, pemilihan secara online dilaksanakan keesokan harinya yaitu pada tanggal 31 desember 2023 mulai pukul 08.00 s.d. 21.00 WIB secara daring menggunakan Google Form.

Lalu, masuk ke acara terakhir yaitu perhitungan suara dan Serah Terima Jabatan. Acara ini dilaksanakan pada hari terakhir musyawarah besar kabinet periode 2023/2024, tepatnya pada hari Selasa, 16 Januari 2024. Perhitungan suara ini dilakukan secara adil di depan para warga yang mengikuti secara online maupun offline. Bukan hanya pengecekan kertas suara, namun juga pada lembar online yang telah direkap sebelumnya.

Setelahnya dilakukan sesi Serah Terima Jabatan dengan khidmat disertai rasa haru yang semoga akan mengantarkan kejayaan pada HMTL UINSA di masa mendatang.