Berita

Musyawarah Besar Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya Periode 2023/2024

Musyawarah Besar merupakan kegiatan musyawarah yang diikuti oleh Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN sunan Ampel Surabaya. Tujuan dari musyawarah adalah pertanggungjawaban dan evaluasi kepengurusan HMTL UINSA periode 2023/2024 dan pengajian  serta pembuatan landasan HMTL UINSA berupa AD/ART dan GBHO untuk kepengurusan HMTL UINSA periode 2024/2025. Diharapkan dengan terlaksananya Musyawarah Besar akan menjadi evaluasi bagi kepengurusan yang baru serta mampu membawa organisasi ke arah yang lebih baik.

Kegiatan Musyawarah Besar mulai dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Januari 2024 hingga Selasa, 17 Januari 2024. Pada Sabtu, 13 Januari 2024 kegiatan diawali pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HMTL. Acara selanjutnya sambutan oleh ketua pelaksana yaitu Sutan Gagah Muhammad Baihaqi, sambutan yang kedua dari ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Moch. Fakkarudin Rafi, kemudian sambutan yang ketiga dari ibu Ir. Sulistya Nengse S.T, M.T selaku Pembina HMTL UINSA, dan sambutan terakhir dari ibu Shinfi Wazna Auvaria, S.T, M.T selaku Kepala prodi Teknik Lingkungan UINSA 2023. Selanjutnya MC digantikan dengan Presidium Sidang I, II, dan III yang didapat yakni Muhammad Ainul Fitriyan sebagai Presidium Sidang III, Mohammad Arsyad sa’dy sebagai Presidium Sidang II, dan Akmal Dzikri Maulana sebagai Presidium Sidang I. Sidang Pleno I resmi dibuka pada pukul 10.07 WIB kemudian dilanjutkan pembahasan tata tertib Musyawarah Besar.

Setelah pengesahan tata tertib kegiatan yang dipimpin oleh tiga Dewan Pengawas Kabinet Abiseka, Presidium Sidang untuk kegiatan ini diganti. Presidium Sidang diganti dengan Muhammad Afiffudin sebagai Presidium Sidang I, Diah Atika sebagai Presidium Sidang II, dan Muhammad Salman Alfarisi sebagai Presidium Sidang III. Sidang Pleno II resmi dibuka pukul 10.46 WIB dengan membahas laporan pertanggungjawaban (LPJ) setiap departemen yang terdapat di HMTL yang kemudian dilanjutkan dengan BPH HMTL. Pembacaan LPJ dilakukan oleh BPH dan Kepala Departemen sesuai urutan yang telah ditentukan. Pembacaan Laporan Pertanggungjawaban diawali oleh Sosial Masyarakat (Sosma) oleh kepala departemen Asyam Badriani, Departemen Hubungan Luar (Hublu) oleh kepala departemen Atika Nur Islamiyah, Departemen Komunikasi Informasi (KOMINFO) oleh kepala departemen Herdi Yanto Putra Pratama, Departemen Seni dan Olahraga (SO) oleh kepala departemen Ahmad Ilham Mawafiq, Departemen Kewirausahaan (KWU) oleh kepala departemen Alifia Putri Darmansyah, Departemen Keilmiahan dan Keprofesian (Ilpro) oleh kepala departemen Sayid Zainul Iksan, Departemen Pengembangan Sumber Daya Masyarakat (PSDMK) oleh kepala departemen Achmad Faris Zaqi Firdaus, Departemen Dalam Negri (Dagri) oleh kepala departemen Zuniarticha Nurmala Afidah. Selanjutnya pemaparan LPJ BPH diawali dengan Bendahara Umum oleh Adindha Septya Lestari dan Yanfa Dzulfikar Auliansyah, Sekteraris Umum oleh Amelia Maulidina Zahra dan Jovita Amanda Salsabila, Wakil Ketua Umum Ach Aditiyo Sugeng Nugroho, Ketua Himpunan oleh Moh. Fakkarudin Rafi dan yang terakhir pemaparan LPJ Dewan Pengawas Kabinet Abiseka yang diwakili oleh Akmal Dzikri Maulana.

Setelah pengesahan Sidang Pleno II dilanjutkan dengan sesi pembahasan AD/ART dan resmi disahkan Sidang Pleno III pukul 19.05 WIB. Dilanjutkan Sidang Pleno IV dengan pembahasan  Garis-Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) hingga Sidang Pleno IV disahkan pukul 20.11 WIB. Dilanjutkan pembacaan hasil KPU yang telah dilaksanakan sebelumnya dan meresmikan Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UINSA Periode 2024/2025.