Berita

MASUKI TAHUN KELIMA, RTM UINSA FOKUS DIAGNOSIS KONDISI ORGANISASI

UINSA Newsroom, Rabu (24/01/2024); Pengarahan Rektor mengisi sela sesi pleno kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) 2023 UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya yang digelar di Kota Batu, pada Selasa, 24 Januari 2024.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari hingga Kamis, 25 Januari 2024 ini mengusung tema, ‘Performance Measurability 2023; Capaian Kinerja, Resolusi Rektor, Bridging Laboratories Skema MBKM Menuju Rekognisi Internasional.’

Pada kesempatan ini, Rektor menyampaikan tentang pentingnya memiliki nilai leadership dalam diri. Bahwa menjadi pimpinan harus memiliki kesatuan antara kata dan perbuatan. Berbagai perubahan pada tata kelola, menurut Rektor, merupakan sebuah kebutuhan dalam rangka mengadaptasi diri dengan perkembangan jaman.

“Perubahan akan berhadapan langsung dengan perasaan nyaman dan tidak nyaman. Karena tidak biasa dengan perubahan tersebut. Merubah kebiasaan itu memang tidak membangun insfrastruktur,” ujar Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. Berbagai perubahan tata kelola lanjut Rektor, juga harus diikuti dengan perubahan mental.

Rektor secara khusus juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada segenap tim manajemen dan unit penyelenggara program studi. Atas kontribusi melalui kinerja terbaik sehingga UINSA mampu beralih status Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dari A ke Unggul.

Sebagai refleksi, Rektor juga mengingatkan kembali kepada para peserta RTM terkait Resolusi tahun 2023 yakni percepatan digitalisasi, Internasionalisasi Mutu Akademik, dan Peningkatan Income Generating. Selanjutnya di tahun 2024, Rektor telah menetapkan Trisula Resolusi UINSA yang terdiri Hilirisasi Digital, Internasionalisasi, dan Enterprising.

Rektor pun mengajak kepada segenap peserta untuk sepakat satu barisan, Bersatu bersama, menindaklanjuti hasil RTM, serta menjaga loyalitas untuk lembaga. “Tegak lurus (loyalitas, red) kita ke lembaga, bukan ke person. Mari kita belajar pada filosofi jam dinding. Dilihat atau tidak dia akan tetap berputar,” ujar Prof. Muzakki menganalogikan.

Sesi pleno hari kedua diisi paparan dari masing-masing Bidang, Pusat dan Lembaga, UPT, serta unit kerja. Kegiatan ini diikuti segenap unsur pimpinan universitas hingga pengelola program studi Kaprodi dan Sekprodi pada Fakultas dan Pascasarjana di UINSA Surabaya.

Sebelum sesi penutupan kegiatan, dibacakan hasil rekomendasi serta penyerahan penghargaan bagi Bidang, Pusat dan Lembaga, UPT, serta unit kerja dengan capaian kinerja terbaik. Pembacaan rekomendasi dan penyerahan penghargaan ini dipandu langsung Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Dr. Ali Mustofa, M.Pd. (Nur/Humas)

Reportase: Nur/Yudi
Redaktur: Nur Hayati
Desain Foto: MN Cahaya