Berita

Pelatihan Software AutoCAD oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya 2023

Pelatihan software AutoCAD dilaksanakan pada Jum’at, 08 Desember 2023 bertempat di Ruang Kelas 9.3 dan 9.5 Gedung FST Lantai 9 Kampus Gunung Anyar UIN Sunan Ampel Surabaya Jalan Dr. Ir. H. Soekarno No. 682, Surabaya, 60294. Kegiatan ini diikuti oleh total peserta sebanyak 60 peserta yang antusias  menghadiri pelatihan ini.

Kegiatan pelatihan software AutoCAD diawali dengan pembukaan oleh MC yang bertugas merinci rundown kegiatan kepada peserta, memberikan gambaran mengenai urutan kegiatan yang akan dijalani. Acara selanjutnya yaitu sambutan oleh ketua pelaksana dan ketua himpunan yang memberikan sambutan pembukaan dengan penuh semangat, menyambut seluruh peserta.

Acara selanjutnya adalah pengerjaan pre test sebagai langkah awal untuk mengukur pemahaman mereka sebelum memasuki materi utama. Pemateri utama pada pelatihan software AutoCAD adalah saudara Taufan Dirgantara, S.T. Sebelum memaparkan materi terdapat pembacaan CV pemateri oleh MC yang mengungkapkan latar belakang dan kualifikasinya yang mendukung keahliannya dalam materi yang akan diajarkan. Pemateri memberikan pemahaman yang komprehensif tentang penggunaan software AutoCAD. 

Acara berikutnya yaitu, materi lanjutan tentang pengenalan basic AutoCAD serta dipaparkan KPP terkait mengenai materi yang telah disampaikan yaitu pembutaan denah rumah sederhana dengan luas bangunan 100m² + NIM  dengan minimal ada 5 ruangan serta penataan/ukuran denahnya Logis atau bisa sesuai dengan ukuran sebenarnya. Penugasan ini minimal diasistensikan 3x dan pengumpulan terakhir KPP pada Hari Kamis, 14 Desember 2023 pukul 20.00 WIB., juga pembagian mentor disetiap masing-masing kelompok.

Setelah itu tidak lupa kami dari HMTL UINSA memberikan awarding berupa sertifikat penghargaan kepada pemateri oleh Ketua Pelaksana, sebagai bentuk penghormatan atas kontribusi pemateri dalam kegiatan ini dan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi bersama di mana seluruh peserta dan pemateri berfoto bersama. Dipenghujung acara terdapat post test selama 10 menit untuk mengukur pengetahuan yang mereka peroleh selama acara. Sebelum acara ditutup dilakukan sesi mentoring atau pendampingan masing-masing kelompok oleh mentor untuk menjelaskan kembali terkait penugasan KPP yang telah diberikan. Setelah kegiatan mentoring dilanjutkan dengan sesi penutup yaitu dengan ucapan terima kasih dan harapan atas kesuksesan pelatihan ini.

Dengan diadakannya kegiatan pelatihan software AutoCAD ini diharapkan para peserta yang mengikuti pelatihan dapat menerapkan ilmu yang didapat hingga akhir perkuliahan di Teknik Lingkungan serta dapat mengaplikasikan software AutoCAD dengan lancar sebab software AutoCAD akan terus digunakan selama perkuliahan di Teknik Lingkungan dan bahkan sampai waktu Tugas Akhir (TA) jika mengambil perencanaan.