Berita

DWP UINSA BERBAGI SANTUNAN PADA HUT DWP KE-24

UINSA Newsroom, Jumat (22/12/2023); Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-24, bertepatan dengan Peringatan Hari Ibu Tahun 2023 di UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya diperingati dengan meriah serta berbagi santunan bagi anak yatim dan kurang mampu. Kegiatan ini digelar pada Jumat, 22 Desember 2023 di Gedung Auditorium Kampus A. Yani UINSA Surabaya.

Ketua DWP UINSA, Ny. Erna Mawati menyampaikan sambutan Ketua Umum DWP Pusat, Ny. Franka Makarim. Dalam sambutan tersebut Ketua Umum DWP mengutip tulisan Kartini tentang pentingnya peran seorang ibu dalam kehidupan dan masa depan anak. Tidak hanya terbatas pada lingkungan keluarga, tetapi juga dalam konteks yang lebih luas, yaitu perkembangan suatu bangsa.

Menurutnya, pendidikan, khususnya pendidikan dalam keluarga, menempatkan perempuan sebagai aktor kunci dalam pembangunan berkelanjutan. “Perempuan memiliki andil besar dalam proses perwujudannya,” tegasnya.

Sejalan dengan pesan tersebut, pada hari ulang tahun ke-24 Dharma Wanita Persatuan, Ketum DWP memiliki harapan besar harapan agar organisasi DWP terus menjadi rumah bagi kita semua, sekaligus menjadi pilar penting dalam menguatkan peranan perempuan Indonesia.

“Sebagai rumah, organisasi ini terus menjadi ruang yang aman bagi seluruh anggotanya untuk saling mendukung satu sama lain, sehingga potensi masing- masing anggota dapat berkembang secara optimal,” ujarnya.

Selain itu, DWP juga menjadi pilar pembangunan, agar senantiasa memberikan kontribusi yang bermakna dalam berbagai bidang. “Mari kita manfaatkan momentum ini untuk bersyukur atas perjalanan Dharma Wanita Persatuan yang panjang dan tidak luput dari tantangan. Juga untuk merefleksikan semua perjuangan yang telah kita tempuh sebagai bekal melaju ke depan,” pesan Ketum DWP.

Sementara itu, Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., dalam sambutan selaku Pembina DWP UINSA Surabaya menggarisbawahi mengenai peran strategis perempuan dalam hal ini DWP UINSA. Rektor menegaskan, bahwa Lembaga (UINSA, red) memiliki kepentingan yang luar biasa terhadap DWP UINSA.

“Kampus ini tidak akan bisa berkinerja, jika Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga dan seluruh unsur pimpinan PNS yang laki-laki itu tidak berkinerja. Suami tidak akan bisa berkinerja jika keluarganya berantakan,” ujar Prof. Muzakki.

Maka, DWP UINSA berperan sebagai stabilizer bagi pasangannya agar dapat berkinerja maksimal. “Kemuliaan UIN Sunan Ampel Surabaya dimulai dari stabilnya hubungan suami dan istri di rumah tangga. Dan karena itu, posisi DWP menjadi sangat penting, sangat strategis bagi kemuliaan UINSA hari ini dan di masa yang akan datang,” ungkap Prof. Muzakki.

Kegiatan ini terselengara berkat dukungan berbagai Lembaga mitra. Selain itu, kegiatan juga dimeriahkan dengan pembagian doorprize, lomba make-up sambil berjalan, serta lomba menghias tumpeng yang diikuti segenap perwakilan Fakultas dan Pascasarjana. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Fotografer: Iswahyudi
Desain Foto: MN. Cahaya