Berita

Dosen Ilmu Kelautan berkerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan atau HIMAIKLA  mengadakan pelatihan Mapping class Geographic Information System and Remote sensing Bidang Kelautan selama 3 hari  pada hari kamis- sabtu ( 15 Juni 2023-17 Juni 2023) di laboratorium Geographic information system atau disebut dengan lab.GIS lantai 6, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya. Mahasiswa Semester akhir ( semester 8 ) angkatan 2019 yang sedang dibingungkan oleh masalah skripsi beserta angkatan( semester 6 ) 2020 yang sedang memfokuskan bidang kejurusannya, mendapatkan bimbingan dalam memecahkan kasus khususnya dalam pemetaan dan pemograman yang membuat para mahasiswa bimbang dan bingung akan tugas yang menyertai kesehariannya.

Pada pelatihan ini selain mahasiswa aktif  UINSA terdapat mahasiswa dari pihak luar kampus yang akan  dibimbing langsung oleh pak Fajar Rahmawan. S.Si, beliau merupakan salah satu Remote sensing dalam analisis GIS yayasan INTSIA papua yang didukung oleh Rain forest Foundation Norway ( RFN) , selain itu beliau juga memiliki banyak pengalaman serta  aktif dalam berbagai organisasi dan seminar- seminar mengenai pemodelan, pengelolaan data dan hal –hal yang masih berkaitan pada bidang kelautan. Sehingga para mahasiswa bisa langsung menanyakan kesulitannya dan hal yang berkaitan pada bidang kelautan langsung kepada ahlinya.

Hari pertama pelatihan pembukaan langsung dilakukan oleh  ketua prodi ilmu kelautan yaitu pak Andik Dwi Muttaqin. S. T.,M. T. dilanjutkan dengan pelatihan, diantaranya mengenai konsep keilmuan, system koordinat, materi penyediaan data spasial, teori dan teknis dasar pengelolaan citra satelit, fisika laut, pemetaan terumbu karang, padang lamun dan sedimentasi. Sedangkan pada hari kedua dilakukan pelatihan mengenai pemetaan mangrove, pembuatan peta zona potensi penangkapan ikan ( realtime Analysist), klasifikasi  penutupan lahan, materi modal stok karbon, mangrove helth index / MHI dan model kerentanan Tsunami. Pada hari terakhir pelatihan dilanjutkan dengan materi model genangan banjir rob, Map Layout, Modul Navigasi sederhana di android, pengambilan data koordinat lapangan, uji tematik bidang kelautan dan penutupan yang dilakukan oleh pak Wiga Alif violando M. P dan terkahir adalah sesi foto bersama. Meskipun pelatihan berlangsung selama 3 hari antusias peserta saat pelatihan sangatlah baik, karena pelatihan dilaksanakan secara santai dan terasa seperti private. Setelah Pelatihan selesai para peserta akan mendapatkan hasil pemetaan yang telah dibuat dan  sertifikat (GIS), dimana hal tersebut bisa membantu mahasiswa dalam memudahkan penyelesaian tugas dan pencarian pekerjaan  seperti dalam sektor industri, penelitian, pemetaan, manajemen resiko bencana alam, pemantauan lingkungan jarak jauh yang berkelanjutan, perancangan serta pengembangan wilayah kelautan  dan masih banyak lagi sesuai bidang keahlian yang telah di jalankan.

Tujuan pelatihan mengenai Sistem Informasi Geospasial diadakan agar para mahasiswa  terbantu dalam memahami konsep dasar dan prisisp GIS dalam pemetaan kelauatan, Pemahaman tentang pemantauan jarak jauh ( remote sensing ), seperti pengenalan sensor, platform dan metode pengelolaan dan analisis data, pelatihan pemetaan, pemodelan, analisis citra, analisis spasial untuk mengetahui tentang dinamika kelautan, kualitas air, SPL, tutupan lahan ,parameter yang berkaitan dan pengelolaan sumber daya kelautan seperti pemantauan pada terumbu karang, mangrove, lamun dan sumber daya perikanan yang relevan pada judul skripsi  mahasiswa tingkat akhir. Diharapkan juga dari pelatihan ini bisa menambah minat mahasiswa kelautan khususnya pada bidang GIS untuk meningkatkan kompetensi, efisiensi dan produktivitas, pengambilan keputusan yang lebih baik, keunggukan yang kompetitif sesuai keahlian, kontribusi terhadap lingkungan yang berkelanjutan sehingga  bisa memiliki keunggulan yang kompetitif.