Berita

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Thursday, 28 July 2022

Pelatihan Literasi Digital PIAUD

Digital literacy menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki pendidik abad 21 untuk menyiapkan peserta didik yang berkompeten di masa yang akan datang. Guru perlu memiliki kecakapan technological pedagogical yang cukup untuk dapat beradaptasi dalam implementasi pendidikan di masa pandemi dan secara berkelanjutan di era revolusi industri 4.0. Hal tersebut melatarbelakangi kegiatan pelatihan literasi digital bagi guru mitra PLP Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebagai bagian dari kegiatan pengabdian berbasis Prodi sebagai salah satu kluster penelitian dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan gedung FTK Lt.3 Ruang 304 pada tanggal 28 Juli 2022, pukul 08.00 s.d 16.00 WIB dengan melibatkan guru pamong dari 3 lembaga mitra PLP (Program Lapangan Persekolahan) yakni dari TK NU 200 Waru Sidoarjo, RAM NU Banin Banat Gresik, dan TK Aisyiyah 13 Surabaya. Selain itu, hadir dalam kegiatan tersebut kepala sekolah dan perwakilan IGTKI serta tim peneliti yang diwakili oleh Ibu Hernik Farisia, M.Pd.I. dan beberapa mahasiswa PIAUD. Hadir sebagai narasumber dalam acara ini yakni Ibu Annisa Yunita Sari, M.Pd. Dosen PG PAUD Universitas Narotama Surabaya dan juga pengembang media komunitas “Read Aloud Surabaya”. Acara ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Prodi PIAUD Bapak Nasrul Fuad Erfansyah, M.Pd.I. dan dihadiri oleh tim Laboratorium FTK, Ibu Desy Indarwati, S.Pd. sekaligus sebagai moderator dalam acara ini.

Pada sesi akhir, seluruh peserta terlibat dalam kegiatan Rencana Tindak lanjut untuk merancang kegiatan pendampingan di sekolah dengan model lesson study. Melalui kegiatan pendampingan ini diharapkan Perguruan Tinggi mampu mengejawantahkan Tri Darma Perguruan Tinggi yang mengintegrasikan Dharma pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Melalui jejaring kemitraan yang telah dibangun dalam program PLP Fakultas Tarbiyah dan Keguruan diharapkan akan terbangun sinergitas antara Perguruan Tinggi, dalam hal ini adalah Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya dengan beberapa sekolah mitra tempat PLP mahasiswa PIAUD. Dalam jangka panjang, kesiapan SDM di sekolah mitra PLP, diharapkan akan berimplikasi pada peningkatan profesionalitas mahasiswa calon guru PAUD. 

Dengan pendekatan Community Based Participatory Research (CBPR)diharapkan upaya peningkatan kapasitas guru menjadi perhatian bersama sehingga akan terbangun masyarakat pembelajar (community learning) di mana partisipasi berimbang peneliti bersama komunitas menjadi pendorong utama dalam keberhasilan progam ini.