Berita
Himpunan Mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam telah melaksanakan Pelatihan Kefasilitatoran Dasar (PKD) pada Jumat, 21 Oktober 2022 yang bertempat di ruang sidang Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Pelatihan Kefasilitatoran Dasar (PKD) rutin diadakan setiap tahun agar mahasiswa baru mengenali prodi Pengembangan Masyarakat Islam lebih dalam.  

            Pelatihan Kefasilitatoran Dasar (PKD) tahun ini mengusung tema Orientasi Fasilitator: Diskursus Mahasiswa PMI yang Interaktif dan Kompetitif. Rangkaian kegiatan acara ini diawali dengan sambutan oleh bapak Dekan Dr. Muhammad Choirul Arif, S.Ag., M.Fil.I dan ibu Kaprodi Yusria Ningsih, S.Ag, M.Kes.
            Kegiatan Kefasilitatoran Dasar ini memaparkan tiga materi diantaranya materi Orientasi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) dengan pemateri Teguh Ansori, S.Sos.I., M.E. Materi ini diberikan dengan tujuan agar dapat membangun pengetahuan mahasiswa baru mengenai Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam. Kemudian dilanjutkan dengan materi Analisis Sosial yang dipaparkan oleh Anif Muchlashin S,Sos., M.A. Pada materi kedua ini diharapkan dapat membangun kesadaran mahasiswa PMI dalam memahami dinamika masyarakat, membangun kepekaan, serta membangun jiwa kritis dan sosial mahasiswa PMI terhadap realita sosial. Terakhir pemaparan materi oleh Agus Afandi, M.Fil dengan materi konsep Pendekatan Pemberdayaan. Pada materi ini membahas mengenai Community Organizer, Community Development, dan Community Empowerment. Tujuan dari materi ini adalah agar mahasiswa PMI mampu mengimplemtasikan konsep pendekataan pemberdayaan ketika di lingkungan masyarakat.

Pelatihan Kefasilitatoran Dasar merupakan hal yang nantinya akan menjadi bekal bagi para mahasiswa PMI. Kegiatan Pelatihan Kefasilitatoran Dasar selanjutnya akan diadakan pada tanggal 28-30 Oktober 2022 di Desa Kalikatir, Mojokerto sebagai bentuk implementasi dari materi-materi yang telah disampaikan.