Pengarahan awal tentang simulasi kebakaran dan cara memadamkannya

Surabaya, 01 Oktober 2023 – Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang melibatkan mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya, yang berlangsung pada tanggal 29 September dan 01 Oktober 2023, berakhir dengan sukses. Acara ini menghadirkan pemateri-pemateri berpengalaman dan praktik lapangan yang mendalam untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada mahasiswa tentang pentingnya K3 dalam berbagai aspek.

Pemaparan terkait luka bakar pada sesi teori Pelatihan K3

Sesi teori berlangsung pada Jumat, 29 September 2023, pukul 18.00 WIB, menghadiri dua pemateri berkompeten, yaitu Yusrianti, M.T. dan Ninik Fadhillah, M.Si. Para pemateri memberikan wawasan dan contoh kasus yang mendalam tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang relevan dengan Program Studi Ilmu Kelautan.

Proses pemadaman api dengan karung goni

Pada Minggu, 01 Oktober 2023, pelatihan dilanjutkan dengan sesi praktik yang berlangsung dari pukul 07.30 hingga 12.00. Kegiatan praktik ini dimulai dengan peragaan dan penjelasan mengenai sistem pemadaman api menggunakan berbagai peralatan seperti karung goni, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), dan Hydrant. Selain itu, mahasiswa juga diterangkan terkait tindakan darurat di fasilitas lift dari para instruktur terdiri atas Danru Udin, Danru Ali, dan Danru Huda.

Mahasiswa Ilmu Kelautan mengoperasikan alat hydrant untuk simulasi kebakaran dengan didampingi oleh instruktur

Acara ini mendapatkan respon positif dari para mahasiswa, mereka merasa bahwa pelatihan ini membuat pemahaman tentang K3 meningkat serta terutama untuk diterapkan di laboratorium ilmu kelautan. Mahasiswa merasa lebih siap untuk menghadapi tantangan dan dunia laboratorium setelah mengikuti pelatihan ini.

Pelatihan untuk menangani situasi darurat pada Lift

“Kami sangat bangga senang dengan penyelenggaraan pelatihan K3 ini. Teori dan praktik yang sungguh detail dan informatif meningkatkan pengetahuan K3 kami. Selain itu, instruktur yang handal dalam melatih, menjadikan kami percaya diri dalam menghadapi situasi-situasi seperti kebakaran api dan sebagainya. Semoga tahun depan Lab FST UINSA akan mengadakan pelatihan yang serupa agar adik tingkat juga dapat merasakannya.”, ujar Dalila, salah satu mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan FST UINSA.

Para peserta Pelatihan K3 terdiri dari mahasiwa Ilmu Kelautan