Sesi teori Pelatihan K3 disampaikan oleh Muh. Ma’arif, S.Pd.

Surabaya, 08 Oktober 2023 – Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang melibatkan mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya, yang berlangsung pada tanggal 6 dan 8 Oktober 2023. Acara ini menjadi landasan kuat bagi para mahasiswa untuk memahami pentingnya K3 dalam lingkungan kerja mereka baik di laboratorium maupun di dunia kerja nanti.

Persiapan dan briefing sesi praktik pelatihan K3 oleh instruktur lapangan

Sesi teori diadakan pada Jumat, 6 Oktober 2023, pukul 18.00 WIB, merupakan salah satu sorotan utama dari pelatihan ini. Dua pemateri hebat, yaitu Widya Nilandita, M.KL. dan Muh. Ma’arif, S.Pd., memberikan wawasan yang mendalam tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan fokus pada aspek-aspek yang sesuai dengan Teknik Lingkungan.

Simulasi kebakaran dan metode memadamkannya menggunakan APAR

Pada Minggu, 8 Oktober 2023, pelatihan dilanjutkan dengan sesi praktik yang berlangsung dari pukul 07.30 hingga 12.00. Kegiatan praktik ini mencakup penjelasan mendalam dan simulasi sistem pemadaman api dengan menggunakan berbagai peralatan, seperti karung goni, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), dan Hydrant. Selain itu, para peserta juga mendapatkan simulasi tentang tindakan darurat di lift oleh Danru Udin dan Danru Ali sebagai instruktur berkompeten.

Pemadaman api dengan karung goni dilakukan secara langsung oleh mahasiswa

Peserta pelatihan juga antusias tentang pengalaman mereka. Salah satu peserta, Rafli, menyatakan, “Pelatihan K3 ini telah memberikan saya pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya keselamatan di lingkungan kerja kami. Pemateri sangat asik serta pelatihannya tidak membosankan sehingga kami semua merasa senang.”

Mahasiswa juga diajari untuk mengoperasikan hydrant dalam simulasi kebakaran