Berita
Pada tanggal 18 September 2022 Pukul 08.00 WIB, Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Algebra mengadakan acara olimpiade tingkat sekolah menengah pertama yang diberi nama Miyaco (Mathematic Youth Competition) dengan tema “Become a Golden Generation with Mathematical Intelligence” yang artinya Menjadi Generasi Emas dengan Kecerdasan Matematika. Miyaco adalah cabang lomba baru dari serangkaian acara Gematika 2022 karena tahun ini adalah pertama kali diadakan olimpiade tingkat SMP/sederajat.

Diadakannya olimpiade ini bertujuan untuk mengenalkan Himatika Algebra kepada para siswa tingkat SMP/sederajat dan membuka peluang untuk siswa sekolah menengah pertama untuk ikut berkompetisi dalam acara Gematika 2022. Miyaco dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dengan akses ujian melalui CBT. Sebelumnya, pada tanggal 2 – 4 September 2022 para peserta telah melakukan simulasi Miyaco melalui CBT dan pada tanggal 16 September 2022 pukul 16.00 WIB panitia Miyaco 2022 melaksanakan gladi bersih untuk persiapan acara dan membagikan peraturan lomba di grup WhatsApp peserta.



Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC). Lalu dilanjutkan dengan pembacaan peraturan lomba dan pembagian breakout room
. Setelah para peserta bergabung ke breakout room masing-masing, peserta melakukan login ke halaman CBT dan mulai mengerjakan ujian dari pukul 08.45 – 11.00. Setelah pengerjaan soal selesai, peserta dipersilahkan untuk meninggalkan room zoom. Pemenang lomba diumumkan pada tanggal 22 September 2022 melalui Instagram Himatika Algebra dan dibagikan di grup WhatsApp peserta. Pembagian hadiah dilaksanakan pada tanggal 24 September 2022 di Kampus 2 UIN Sunan Ampel Surabaya setelah pelaksanaan lomba LKTI Nasional Gematika 2022.

Dengan terlaksananya Miyaco ini diharapkan bisa membangkitkan semangat para siswa sekolah menengah pertama dalam berkompetisi dan terus meningkatkan kemampuan mereka di bidang matematika. Selain itu, semoga dengan mengikuti Miyaco dapat menambah pengetahuan dan pengalaman mereka dalam olimpiade matematika dan dapat mengenal UIN Sunan Ampel Surabaya khususnya prodi Matematika melalui olimpiade ini. (Del/Nis)