Berita
MENYONGSONG AKREDITASI UINSA UNGGUL DI TAHUN 2024 DENGAN SEKOLAH AKREDITASI

Hari senin-selasa, 1-2 Agustus 2022 UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) menyelenggarakan sekolah akreditasi setelah terpilih Kaprodi dan Sekprodi, Ketua dan sekretaris juruan yang sekaligus menjadi Gugus kendali mutu (GKM), Ketua laboratorium fakultas untuk masa bhakti 2022-2026. Kegiatan ini di gagas dalam rangka meningkatkan kompetensi pemahaman pelaksanaan akreditasi pada prodi di UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan di moderatori oleh Sekretaris LPM, Ahmad Yusuf, M.Kom dengan susunan acara pembukaan oleh Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, Grad Dip. SEA. M. Ag. M.Phil. Ph.D. selanjutnya penyampaian materi sekolah oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, LPM, PUSTIPD, Bagian Akademik ADMIN PDDIKTI, SISTER dan SINTA. Dan kegiatan terakhir adalah RTL dan penutupan.

Dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa materi penting terkait dengan Akreditasi. Materi pertama tentang Kebijakan dan Implementasi, Linimasa Akreditasi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. Ali Mudlofir, M.Ag.  Materi kedua diberikan oleh LPM yang terdiri dari lima Materi yaitu materi Kebijakan Umum APT/APS BANPT, LAM dan Akreditasi Internasional oleh Ketua LPM, Dr. Ali Musthofa, M.Pd, Materi Peta Mutu Akreditasi, Cakupan Akreditasi, Updating Status  SAPTO BANPT/LAM oleh Sekretaris LPM, Ahmad Yusuf, M.Kom, Materi Prosedur, Instrumen Dan Bobot Nilai pada BANPT APS, ISK dan IPEPA oleh Kepala Pusat Penjaminan dan Pengembangan Mutu mahasiswa, Holilah, M.Si, Materi Instrumen Dan Bobot Nilai pada LAMEMBA dan LAMSAMA, oleh Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu akademik, Dr. Hadi Sucipto, Lc., M.HI dan Kepala Pusat Audit Mutu akademik, Ahmad Lubab, M.Si. Materi ketiga oleh PUSTIPD tentang Aplikasi Internal dalam Transaksi dan Maturitas Data pada PDDIKTI yang Eligible pada BANPT dan LAM (Sinau, Tracer Study) oleh Achmad Teguh Wibowo, MT, materi keempat oleh Bagian Akademik ADMIN PD DIKTI, SISTER dan SINTA yang terdiri dari materi tentang Kebijakan Sistem Akademik, oleh Koordinator Bagian Akademik Drs. Abdullah Rofik Ma’ud, MM. Materi Aplikasi Eksternal dalam Transaksi dan Maturitas data pada PDDIKTI yang Eligible pada BANPT dan LAM (FEEDER, SPMI, SIVIL, Kelembagaan dan SDM) oleh Admin PDDIKTI, Nanang Kholidin, S.Ag, M.Pdi. Materi Aplikasi Eksternal dalam Transaksi dan Maturitas Data pada PDDIKTI yang Eligible pada BANPT dan LAM (SISTER) oleh Admin sister, Nur Hasib, S.Kom.

Kegiatan Sekolah Akreditas di lakukan secara Luring di Greesa Inn Sidoarjo dengan 2 tahapan, mengingat banyaknya peserta kegiatan. Tahap pertama hari senin 1 Agustus 2022 dan tahap kedua selasa 2 Agusutus 2022 mulai jam 07.30 – 16.15 WIB. Hadir dalam kegiatan tersebut Seluruh pimpinan UINSA, Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro AUPK dan AAKK, Dekan dan Direktur, Ketua dan Sekretaris LPM dan LPPM, Wakil Dekan dan Wakil Direktur, Kepala Pusat pada LPM, LPPM dan PUSTIPD, Admin Sinau pada PUSTIPD, Admin Tracer Study pada PUSTIPD, Admin PDDIKTI dan SISTER, Admin SINTA, Koordinator dan Sub Koordinator pada Biro AAKK, Pascasarjana Meliputi Ketua dan Sekretaris Prodi, Ketua Laboratorium dan Sub Koordinator TU, Fakultas meliputi Ketua dan Sekretaris GKM/Jurusan, Ketua dan Sekretaris Prodi, Ketua Laboratorium, Koordinator dan Sub Koordinator TU. Peserta Sekolah Akreditasi sangat antusias mengikuti dari awal sampai kegiatan selesai karena beberapa prodi saat ini dalam proses menyusun IAPS dan ISK guna mempresiapkan akreditasi UINSA Unggul tahun 2024.[lila]