Berita

@adminuinsa

Monday, 30 May 2022

PLI UINSA GELAR INTERNATIONAL BRANDING PROGRAM

UINSA Newsroom, Senin (30/05/2022); “Mau tidak mau, kita dituntut untuk merealisasikan visi misi UIN Sunan Ampel Surabaya, ‘Menjadi Universitas Islam yang Unggul dan Kompetitif Bertaraf Internasional. Upaya yang dilakukan tentu ada wilayahnya sendiri, baik dari sisi prodi dan unit. Dan IO tentu sebagai dirijen terkait proses internasionalisasi UIN Sunan Ampel Surabaya,”

Hal itu disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Muhid, M.Ag., dalam acara ‘International Branding Program’ yang digelar Pusat Layanan Internasional pada Senin, 30 Mei 2022. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari hingga Selasa, 31 Mei 2022 di Hall Lt. 5 Hotel GreenSA Inn Sidoarjo.

Nur Fitriatin, M.Ed., Kepala Pusat Layanan Internasional (PLI) dalam sambutan pembukaan menyampaikan, bahwa PLI memang memiliki tugas utama dalam upaya membantu proses internasionalisasi universitas. Nur Fitriatin, M.Ed., berharap, adanya partisipasi dari keluarga besar UINSA Surabaya baik dari unsur tenaga pendidik, kependidikan, bahkan mahasiswa.

Mengingat, partisipasi dari semua pihak sangat penting dalam rangka membuka pintu UINSA dari sisi internasional. “Website akan jadi pintunya. Bapak/ibu sekalian, semoga kegiatan ini akan memberikan manfaat yang luar biasa. Semoga kita dapat menyelesaikan misi ini dengan baik,” ujar Nur Fitriatin, M.Ed.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Muhid, M.Ag., yang hadir dan membuka langsung acara menyampaikan, bahwa dalam rangka membangun jejaring UINSA Surabaya telah menginisiasi berbagai kerjasama baik nasional maupun internasional.

Diantaranya inisiasi kerjasama dengan organisasi masyarakat nasional yang memiliki jejaring internasional seperti PBNU, PP Muhammadiyah, dan lain-lain. “Peran strategis ormas menjadi salah satu upaya kita untuk mengkomunikasikan UINSA dengan masyarakat dunia,” terang Dr. Muhid.

Selain itu, lanjut Dr. Muhid, UINSA Surabaya juga tengah menyiapkan skema menarik minat masyarakat internasional untuk kuliah di UINSA melalui jalur beasiswa internasional. “Itulah sebabnya paling tidak, kita bisa berkomunikasi dengan duta besar di beberapa negara sahabat agar kita mendapatkan satu referensi,” jelas Dr. Muhid.

Sebagai informasi, Kegiatan ‘International Branding Program’ ini dihadiri segenap perwakilan admin website fakultas, pascasarjana, dan unit di lingkungan UINSA Surabaya. Hadir sebagai narasumber antara lain: Lukman Hakim, MT., Admin Web musabaqah.id, pwnujatim.com, LPTQ Jatim, yang menyampaikan terkait Enhaching IT and Writing Literacy for Internasional Branding. Hadir pula, Rahmat Ferdian Andi Rosidi, S.HI., M.H., Pimpinan Redaksi NU Online dengan paparan terkait Digital Writing Skills for Website International Branding.

Pada hari kedua, kegiatan akan diisi kembali dengan paparan dari Ahmad Teguh Wibowo, MT., perwakilan dosen pada Fakultas Sains dan Teknologi UINSA Surabaya, terkait Designing and Managing Higher Education Website: Toward a World Class University; serta Fahrizal Hamzah, ST., Praktisi Web Programmer yang menyampaikan terkait Practical Guide to Administering a Professional Website. (Nur-Chy/Humas)