Berita

Dalam rangka menjaga dan meningkatkan mutu pembelajaran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan kegiatan Penguatan Kapasitas Pembelajaran Dosen Berbasis Integrated Twin Towerspada Kamis (27/6/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh semua dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Kegiatan yang diadakan di GreenSA Inn, Juanda dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Dalam sambutannya, Dr. Sirajul Arifin, S.Ag., S.S., M.E.I., menegaskan bahwa peningakatan kualitas dosen sangat diperlukan saat ini, dengan didasari filosofi twin towers (integrasi keilmuan) agar dapat menghasilkan keilmuan yang relevan dengan perkembangan zaman.

Prof. Dr. Nur Syam, M.Si., selaku narasumber sekaligus pengusul konsep integrasi keilmuan berbasis twin towers memberikan pernyataannya yang disampaikan saat Sidang Senat IAIN Sunan Ampel pada 3 Juli 2010 bahwa rencana pengembangan Ilmu di IAIN Sunan Ampel dalam kerangka transformasi IAIN ke UIN tentang ciri khas pengembangan ilmu keislaman di IAIN Sunan Ampel yang saya sebut sebagai Integrated Twin Towers.

“Dalam penerapannya, secara substansional konsep integrasi di sini adalah tentang penerapan nilai keislaman pada mata kuliah di rumpun sosial atau eksakta. Tugas sebagai dosen adalah menemukan rencana mahasiswa dalam kepentingan studinya (pembelajaran).” Tambah Prof. Nur Syam.

Integrasi keilmuan merupakan upaya saling mengisi antara ilmu satu dengan yang lain, satu sisi sebagai subject matters dan satu lainnya sebagai pendekatan keilmuan. Integrasi keilmuan yang diangkat UIN Sunan Ampel tidak sama dengan studi di Malaysia tentang Islamisasi keilmuan. Penguatan kapasitas dosen berbasis integrasi twin towers ini juga dilanjutkan dengan desain rencana pembelajaran semester yang terintegrasi juga dengan tri dharma perguruan tinggi. Kegiatan ditutup dengan rencana tindak lanjut dan penutup bersama. [myim, fnh]