Berita
Sabtu, 22 Oktober 2022 merupakan hari yang momentum bagi seluruh masyarakat Indonesia (Hari Santri Nasional). Berbagai kalangan hadir dengan suka cita untuk menyambut dan memperingati Hari Santri Nasional. Peringatan hari santri tahun ini merupakan peringatan ke VII sejak ditetapkan oleh Presiden pada 2015 melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, yang menetapkan tanggal 22 oktober sebagai hari santri. Penetapan 22 oktober merujuk pada tercetusnya “resolusi jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan indonesia. resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 november 1945 yang kita peringati sebagai hari pahlawan.
Untuk tahun 2022 ini, peringatan hari santri mengangkat tema ‘‘Berdaya menjaga martabat kemanusiaan’’. Maksud tema berdaya menjaga martabat kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan indonesia.

UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai salah satu lembaga pemerintahan, tak luput dalam memperingati hari santri tersebut. Dalam peringatanya, melalui kegiatan upacara bendera Prof. Zainul Hamdi menyampaikan bahwa “peringatan hari santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai- nilai kebangsaan”, ujarnya.

Tak usai sampai disitu, Fakultas Syariah dan Hukum pun melanjutkan dengan kegiatan Tumpengan bersama. Tumpengan ini dihadirkan dengan semangat kebersamaan dalam rangka menguatkan silaturahmi dan memperkokoh kerjasama Tim di Lingkungan Fakultas. Sehingga ke depan, momentum hari santri ini dapat menjadi titik tolak untuk memahami esensi dan nilai-nilai kebersamaan dan keikhlasan sehingga mampu menciptakan kekuatan dan kemenangan.