Berita

Memperingati Hari Kesehatan Nasional 2023, Hima Gizi Adakan Acara Seminar dan Pameran

Gunung Anyar, Surabaya – (22/11/2023) Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November, dan tahun ini sudah memasuki peringatan yang ke-58. Hal ini tentunya menarik perhatian Himpunan Mahasiswa Gizi FPK UIN Sunan Ampel Surabaya untuk mengadakan sebuah kegiatan dalam rangka peringatan hari kesehatan nasional tersebut pada hari Rabu, 22 November 2023 yang bertempat di auditorium lantai 2 FPK.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 pagi yang dibuka oleh Wadek Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Suryani, M. Si. dengan pemotongan pita dan pembacaan basmalah bersama-sama. Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, ada lomba tiktok healthy food challenge yang diikuti oleh siswa SMA yang berhadiah uang tunai dan sertifikat bagi seluruh peserta. Kemudian ada 2 rangkaian acara yang dilaksanakan dalam kegiatan peringatan hari kesehatan nasional ini, yakni seminar nasional dan pameran. Tema yang diangkat dalam seminar ialah “Healthy Diet Anti Malnutrition” dengan mengundang pembicara dari luar, yakni Rosalinda Abir Hanifah S. Gz. Sedangkan untuk pamerannya sendiri dari inovasi produk mahasiswa gizi FPK semester 1 dan 3.

Inovasi produk yang ditampilkan dalam pameran hari kesehatan nasional ini bertemakan makanan yang berkalori rendah, minim gula, dan masih jarang di produksi oleh para produsen makanan. Ada 4 kelas yang berpartisipasi dalam menampilkan pameran makanan ini, yakni 2 kelas dari semester 1 dan 2 kelas dari semester 3. Produk yang dipamerkan ialah oat cookies rendah gula, bakpao bandeng, muffin daun kelor, dan nugget vegetarian with mentai sauce. Masing-masing produk inovasi harus menyertakan informasi kandungan nutrisi dan juga manfaat dari mengonsumsi makanan tersebut. Setiap produk inovasi ini dinilai oleh dosen gizi FPK, dan tentunya ada hadiah menarik berupa uang tunai bagi kelas yang memiliki produk inovasi paling menarik.

Tak hanya itu, ada juga stand pameran yang menyediakan pengukuran tinggi badan, berat badan, Indeks Masa Tubuh (IMT) dan tensi gratis. Hal ini tentunya menarik antusiasme dari para mahasiswa, tak hanya dari mahasiswa FPK tapi ada juga mahasiswa fakultas lain yang ikut berpartisipasi contohnya FISIP. Stand pameran berikutnya ialah jajanan yang diproduksi sendiri oleh anggota Hima Gizi FPK yang tentunya menyehatkan dan harganya terjangkau. Ada juga jajanan menarik lainnya yang dijual oleh mahasiswa non hima, dan hal ini sangat menarik perhatian pengunjung pameran.

Pengadaan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para mahasiswa FPK untuk senantiasa menjaga kesehatan mereka terutama dalam mengonsumsi makanan. Apabila makanan yang dikonsumsi itu sehat, maka akan sehat pula badannya. Semoga kedepannya Hima Gizi FPK UIN Sunan Ampel Surabaya bisa terus berkomitmen untuk mengadakan acara yang bermanfaat seperti ini lagi.

Writer : Najwa Laska Halqi