Berita

Surabaya — (28/03/2024) Pelantikan Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) kembali dilaksanakan setelah terselesaikannya satu periode dari demisioner masing-masing ormawa. Adapun peserta Ormawa yang dilantik yakni Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Himpunan Mahasiswa Prodi (HIMA) Psikologi dan Gizi, Musik Psikologizi (MUGI), serta Alam Tara (ALTAR).

Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Gedung FPK lantai 2 pada pukul 13.00 WIB, yang dihadiri oleh Dr. phil. Khoirun Niam selaku Dekan FPK, Prof. Dr. Rubaidi, M.Ag selaku Wakil Dekan (Wadek) III, Nur Afifah Fauziatiningrum selaku Demisioner Ketua Umum SEMA FPK periode 2022/2023, beserta Mohammad Hafizd selaku Demisioner Ketua Umum SEMA FPK periode 2023/2024.

Meskipun diadakan di bulan puasa, seluruh mahasiswa ormawa yang akan dilantik tampak antusias dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan ini. Kegiatan dibuka dengan bacaan basmalah dan dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan dengan indah oleh salah satu anggota SEMA. Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne UINSA, dan Yalal Wathon, terakhir yakni sambutan ketua pelaksana dari Komisi B SEMA FPK.

Setelah acara pembukaan, agenda yang ditunggu-tunggu telah tiba yakni prosesi pelantikan. Diawali dari pelantikan kepengurusan SEMA, diikuti dengan DEMA, HIMA Prodi Psikologi dan Gizi, MUGI, dan yang terakhir Alam Tara. Pembaiatan setiap ormawa dilakukan oleh Dekan FPK dan seluruh peserta yang dilantik melaksanakannya dengan tertib dan khidmat karena prosesi tersebut merupakan kegiatan yang sakral. Tak lupa setelahnya ialah serah terima jabatan antara ketua yang lama dengan ketua yang baru dan didampingi oleh Dekan beserta Wadek III.

Acara berikutnya ialah sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Dr. phil. Khoirun Niam, pria paruh baya berkacamata tersebut berpesan bahwa, “Selamat berproses kepada kalian semua selaku pengurus ormawa yang baru, semoga selalu amanah dan seluruh program kerja yang akan dilaksanakan bisa berjalan dengan lancar”. Tak hanya itu, sambutan berikutnya dilanjutkan oleh Prof. Dr. Rubaidi, M.Ag dan dilanjutkan oleh demisioner ketua SEMA dan DEMA periode lalu dan terakhir sambutan oleh Berliana Shafa selaku ketua SEMA dan Iqbal Harist selaku ketua DEMA di periode yang sekarang.

Kegiatan masih belum berakhir, sembari menunggu buka puasa, agenda berikutnya diisi dengan kajian yang bertemakan, “Ramadhan: Toleransi, Inklusif, dan Kebersamaan” dengan pemateri Nur Afifah Fauziatiningrum atau beliau akrab dipanggil dengan mbak Arum. Perempuan cantik berkerudung coklat muda tersebut menyampaikan materi dengan santai namun tetap dipahami oleh seluruh audiens yang berada di dalam auditorium. Beliau tak hanya memberi ilmu baru, tetapi ada juga sharing session dengan adik tingkatnya dan dengan senang hati menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan oleh mereka.

Hal unik lainnya dalam acara pelantikan ini ialah penyampaian kesan dan pesan dari masing-masing ormawa. Sebelum itu, mereka diberikan selembar kertas kecil untuk menulis kesan pesan selama acara pelantikan, yang kemudian dibacakan di depan secara bergantian. Mulai dari SEMA, DEMA, HIMA Prodi, MUGI, serta Alam Tara semuanya mendapatkan bagian.

Kegiatan akhir ialah buka puasa bersama. Moment kebersamaan setelah pelantikan ini tentunya bertujuan untuk mempererat tali kekeluargaan dan memperkuat hubungan serta kebersamaan. Harapannya, dari setiap ormawa kedepannya bisa tetap bekerja sama dengan kompak dan program kerja yang dijalankan bisa bermanfaat dengan baik oleh seluruh mahasiswa FPK.

Writer: Najwa Laska Halqi
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi