Berita

Surabaya, Jum’at, 6 Oktober 2023, di Aula FTK UIN Sunan Ampel Surabaya telah diselenggarakan kegiatan Persiapan Student Exchange Tahun 2023 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya melalui Seminar Student Exchange FTK  menyiapkan mahasiswa untuk GO Internasional. Kegiatan yang diikuti sekitar 160 mahasiswa FTK ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait kisi kisi pendaftaran dan kiat sukses seleksi untuk studi di luar negeri. Disamping itu juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman dalam belajar mengajar di lembaga dan  Perguruan Tinggi di Luar Negeri.

Dalam pembukaan yang disampaikan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya Ibu Prof. Dr. Hj. Husniyah Salamah, M.Ag, beliau berharap kedepannya mahasiswa FTK lebih semangat untuk mengeksplor banyak hal dibidang pembelajaran dan pengajaran, bukan hanya di negeri sendiri tetapi di luar negeri. Tahun ini FTK juga sudah memfasilitasi kegiatan Internasional seperti Student Mobility, di Malaysia dan Brunei Darusalam, PLP dan KKN Internasional di Thailand dan Malaysia. Dalam kegiatan tersebut FTK bisa mencetak  mahasiswa yang berwawasan global.

Sebelum materi disampaikan oleh narasumber, ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. H. Moh. Faizin, M.Pd.I., terlebih dahulu membacakan doa guna mendapatkan  keberkahan dalam kegiatan Student Exchange.

Materi pertama Melalui Seminar Student Exchange  yang disampaikan Bapak Willy Prasetya, S.Pd, M.A dari Universitas Islam Indonesia, beliau menjelaskan mengenai gambaran Studi di Luar Negeri serta tips-tips yang perlu disiapkan dari jauh-jauh hari untuk bisa lolos tes Pertukaran Mahasiswa.

Dilanjutkan pemateri kedua, Ibu Vinta Angela Triani, M.A, Ph.D. beliau menyampaikan secara langsung informasi pendaftaran pertukaran mahasiswa di luar negeri dengan beasiswa seperti Australian Awards, Chevening, Fulbright, dan masih banyak lagi beasiswa-beasiswa luar negeri yang ditawarkan. Disamping itu juga menjelaskan mengapa penting untuk menuntut ilmu setinggi-tinggi nya di luar negeri, karena berfikir secara global di era saat ini penting dimiliki mahasiswa.

Pemaparan Materi Exchange Student diakhiri dengan tanya jawab dari beberapa mahasiswa mengenai kisi-kisi wawancara studi di luar negeri, persiapan tes bahasa Inggris, serta bagaiman serta  tips untuk lolos seleksi beasiswa luar negeri.  Dengan antusias  dan penuh kekaguman dan rasa terimakasih atas materi yang luar biasa dari kedua pemateri yang berpengalaman studi di luar negeri.(ftk)