Berita

Surabaya – 7 Juni 2024 – Dua mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) berhasil menjadi peserta magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pertama di Suara Surabaya (SS) Media.

Kedua mahasiswa tersebut adalah Ikke Febriyanti dan Muhammad Iqbal Firmansyah yang berasal dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UINSA.

Program magang MBKM ini berlangsung sekitar empat bulan, terhitung sejak 29 Januari hingga 23 Mei 2024. 

Muhammad Iqbal Firmansyah mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, mengaku mendapat banyak sekali pengalaman berharga selama magang di SS Media.

“Di SS saya bisa mengambil banyak pengalaman, terkhusus pada bidang jurnalistik,” beber Firman sapaan akrabnya, Kamis (6/5/2024).

Ia juga mengakatan, selama magang di SS Media dirinya mendapatkan kesempatan untuk terjun langsung dalam berbagai aspek produksi dan peliputan berita

“Pengalaman ini berharga sekali, karena kami betul-betul merasakan kehidupan seorang jurnalis. Meski terdapat banyak tantangan yang dihadapi selama magang, namun saya merasa sangat beruntung mendapatkan mentor-mentor yang selalu suportif dan apresiatif dalam mengajari kami,” katanya.

Firman menuturkan, melalui pengalaman magang ini membuatnya lebih memahami cara kerja jurnalis secara langsung.

“Selama magang kami diajarkan oleh SS Media bagaimana cara meliput dan menulis berita dengan baik dan benar. Seperti menggunakan piramida terbalik dalam penulisan hard news, kemudian menerapkan keseimbangan suatu berita, cara menentukan angle berita, mengambil foto hidup, serta etika-etika dalam media pemberitaan,” tuturnya.

Sementara itu, Iping Supingah Supervisor atau Redaktur suarasurabaya.net mengaku senang dengan kinerja dua peserta magang UINSA ini. 

“Kehadiran peserta magang dari UINSA ini sangat membantu kinerja redaksi terutama di suarasurabaya.net, selama beberapa bulan terakhir ini mereka juga cepat beradaptasi dan melakukan semua arahan dari mentor tanpa banyak omong,” papar Iping saat menghadiri presentasi hasil magang di Suara Surabaya Center, Selasa (28/2/2024). 

Selain itu, dia juga memuji etos kerja yang ditunjukkan oleh kedua mahasiswa UINSA itu selama magang di Suara Surabaya Media. 

“Semangat, kegigihan dan inisiatifnya patut diacungi jempol. Namun, jangan berpuas diri terlebih dahulu, karena ini hanyalah secuil pengalaman yang didapatkan dalam bidang jurnalistik,” ucapnya.

Lebih lanjut, dia menekankan bahwa kunci kesuksesan sejati dalam dunia jurnalistik adalah konsistensi, ketekunan dan kesediaan untuk terus belajar serta berkembang.

“Jangan pernah lelah untuk terus menggali potensi diri. Kreativitas dan inovasi lebih ditingkatkan lagi, perbanyak wawasan dan jangan pernah bosan untuk belajar, meskipun sudah punya modal dasar kemampuan ilmu jurnalistik,” pungkasnya. 

Untuk diketahui, program magang MBKM merupakan bagian dari kurikulum yang diadopsi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan tujuannya untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dengan bekerja langsung di dunia profesional. (ike/man)