Berita

@adminuinsa

Monday, 28 February 2022

MAN 3 KOTA MAKASSAR ALL OUT FASILITASI PESERTA UJIAN SNPDB 2022 DI MADRASAH

UINSA Newsroom, Senin (28/02/2022); Makassar-MAN 3 Kota Makassar yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan KM. 15 Kota Makassar Sulawesi Selatan telah sukses menggelar SNPDB 2022 selama dua hari: Sabtu-Minggu (26-27 Februari 2022). Proses pelaksanaan ujian CBT dan Wawancara sesi I hingga IV berjalan lancar tanpa ada kendala dan sesuai jadwal.

M. Natsir, Kepala MAN 3 Kota Makassar menyampaikan, bahwa panitia di MAN 3 Makasar memberikan keluasaan kepada peserta untuk memilih lokasi tes CBT: di rumah masing-masing peserta (daring), atau di madrasah (luring). “Namun kami menganjurkan kepada peserta untuk tes di madrasah untuk menghindari hal-hal teknis yang mungkin nanti akan terjadi ketika tes berlangsung,” ujar M. Natsir lebih lanjut

Panitia SNPDB MAN 3 Kota Makassar juga telah mempersiapkan dengan serius dua laboratorium komputer yang sudah sesuai standar sebagai tempat pelaksanaan ujian CBT dan satu ruangan auditorium untuk pelaksanaan tes wawancara. “Pemisahan ruangan ini dimaksudkan agar peserta bisa fokus dan tidak terganggu lalu lalang orang lain selama ujian berlangsung,” katanya.

Langkah yang dilakukan MAN 3 Kota Makassar mendapat apresiasi dari Direktur KSKK Madrasah, Moh. Isom Yusqi. “Saya sangat menghargai kerja keras seluruh panitia di sana. Telah menyiapkan fasilitas ujian kepada peserta secara maksimal, mendorong peserta untuk ujian di madrasah, serta menegakkan protokol kesehatan yang ketat. Terbukti sampai hari terakhir pelaksanaan ujian, tidak saya dapatkan laporan-laporan negatif dari masyarakat,” ujar Ishom.

Di pihak lain, H. Nur Adil, Wakil Kepala MAN 3 Makassar Bagian Kesiswaan mengungkapkan, bahwa untuk menanggulagi hambatan teknis sekolah juga menugaskan staf IT dan proktor di masing-masing ruangan tes CBT. Tim teknis juga dihimbau  agar senantiasa standby di lokasi guna memantau kelancaran jalannya ujian. “Dari total seluruh 140 pendaftar di MAN 3 Kota Makasar, 20 peserta melakukan tes secara daring di rumah, 117 peserta ujian di madrasah, dan 3 peserta tidak hadir. Ini artinya, tingkat partisipasi peserta tahun ini luar biasa, hampir 96%,” ungkap H. Nur Adil disertai senyum yang khas.

Kesuksesan pelaksanaan ujian SNPDB 2022 di MAN 3 Kota Makasar juga diakui Yunita Ardilla dan Esti Novi Andyarini, Tim Monev Panitia Pusat. “Pokoknya mantab dan keren persiapan panitia. Ujian berjalan lancar dan wawancara juga sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Bila di tempat lain ada yang terganggu dengan pemadaman listrik, jaringan internet yang tidak stabil, maka tidak kami temui di sini. Sukses untuk Tim Panitia,” ujar Yunita dan Esti.

“SNPDB tahun ini jauh lebih baik dari segi aplikasi sistem CBT, kualitas soal, dan aplikasi wawancara. Semoga menjadi pertanda baik kebangkitan madrasah untuk berprestasi lebih baik lagi di masa depan. Dengan penjaringan siswa yang baik serta berkualitas, kami yakin pula MAN 3 Kota Makassar akan semakin digandrungi masyarakat. Mereka akan berlomba-lomba menyekolahkan anaknya di sini. Semoga,” pungkas M. Natsir sebelum mengakhiri dialog.