Berita

@adminuinsa

Wednesday, 22 June 2022

MAN 2 BOJONEGORO; SATU JALUR, DARI MADRASAH KE UINSA SURABAYA

UINSA Newsroom, Rabu (22/06/2022); UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kembali menerima Kunjungan siswa/siswi sekolah menengah dalam rangka menambah pengetahuan dan wawasan terkait pendidikan tinggi. Kali ini, rombongan sekitar 200 orang dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bojonegoro berkunjung ke UINSA Surabaya pada Rabu, 22 Juni 2022. Rombongan disambut langsung di Gedung Amphiteater Lt. 2-3 Twin Towers UINSA Surabaya.

Para siswa/siswi MAN 2 Bojonegoro diberikan wawasan tentang Perguruan Tinggi, sekilas pengenalan kampus UINSA Surabaya, serta motivasi-motivasi untuk senantiasa menuntut ilmu. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Sains dan Teknologi, Yusuf Amrozi, M.MT., membuka paparan serta memberikan motivasi kepada segenap siswa/siswi MAN 2 Bojonegoro.

Dilanjutkan dengan pengenalan akademik dan jalur masuk UINSA Surabaya, serta kegiatan kemahasiswaan. Masing-masing diisi paparan dari Dr. Ruhayati, M.M., Sub Koordinator Humas dan Informasi, serta dari Qomaruddin, M.HI., dari Bagian Kemahasiswaan dan Alumni.

Sebelumnya, Dra. Ruhayati, M.M., dalam sambutan mewakili Kepala Biro Adminsitrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama menjelaskan, bahwa kunjungan kampus menjadi bentuk pengalaman dan wawasan tambahan bagi siswa untuk bekal memilih perguruan tinggi.  “Penentuan adik-adik mau jadi apa besoknya adalah di kampus. Jadi adik-adikku sekalian harus benar-benar fokus dalam memilih atau melanjutkan studinya,” ujar Dra. Ruhayati.

Wakil Kepala MAN 2 Bojonegoro, Moh. Nurfuadi, S.Ag., berharap kegiatan ini dapat memberikan tambahan informasi yang bermanfaat terkait rencana melanjutkan pendidikan tinggi. “Anak-anak ini masih kelas XI. Sehingga masih ada kesempatan untuk mempersiapkan diri yang lebih matang lagi terkait nanti untuk masuk di Perguruan Tinggi,” ujar Moh. Nurfuadi, S.Ag.

Moh. Nurfuadi, S.Ag., juga berharap kepada pihak UINSA agar memberikan informasi yang lengkap agar siswa/siswi MAN 2 Bojonegoro dapat termotivasi melanjutkan pendidikan tinggi. Khususnya di UINSA Surabaya. “Kenapa? Karena satu jalur. Dari Madrasah ke UIN,” imbuh Moh. Nurfuadi, S.Ag.

Sementara itu, Yusuf Amrozi, M.MT., dalam paparan terkait pengenalan kampus UINSA Surabaya menyampaikan, bahwa UIN Sunan Ampel Surabaya merupakan transformasi dari IAIN Sunan Ampel Surabaya. Perubahan ini bertujuan agar UINSA dapat semakin variatif dalam menjangkau kebutuhan masyarakat, tidak hanya terbatas pada keilmuan Keislaman, tapi juga sosial humaniora serta sains dan teknologi.

Transformasi ini, lanjut Yusuf Amrozi, M.MT., juga menjadi salah satu alasan UINSA Surabaya saat ini memiliki ragam pilihan prodi yang layak untuk dijadikan pilihan ketika memilih melanjutkan pendidikan tinggi. “Jangan berkecil hati bahwa kita harus bisa menata mimpi lebih tinggi lagi. Jangan hanya sebatas SLTA atau Aliyah. Kalau bisa ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Dan UINSA menjadi salah satu alternatif pilihan,” tukas Yusuf Amrozi, M.MT. (Nur/Humas)