Berita

Surabaya — (14/06/2024) Dalam upaya meningkatkan kompetensi bidang Sumber Daya Manusia (SDM) mahasiswa, Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) gelar Uji Kompetensi SDM yang sesuai dengan standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Jumat, 14 Juni hingga Sabtu, 15 Juni 2024 di Ruang Lab Psikodiagnostik Lantai 4, Gedung FPK. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi, yakni sesi pertama pukul 08.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.00 WIB. Mahasiswa semester 6 Program Studi (Prodi) Psikologi sebagai asesi dan FPK mengundang para asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Sumber Daya Manusia (LSP MSDM) Nusantara sejumlah kurang lebih 14 orang, dengan 3 diantaranya merupakan dosen prodi psikologi yakni M. Fahmi Aufar Asyraf, B.Ed., M.A.; Muhammad Syifaul Muntafi, M.Sc.; dan Siti Kamilatus Saidah, M.Psi.

Uji kompetensi ini meliputi tes tertulis dan asesmen praktik. Tes tertulis dilaksanakan di ruang kelas lantai 6, sedangkan asesmen praktik diadakan di Ruang Lab Psikodiagnostik lantai 4. Para asesi mengikuti setiap prosedur yang diberikan oleh asesor. Di sela – sela uji kompetensi, para asesor turut memberi masukan kepada para asesi mengenai kompetensi yang relevan sebagai bekal untuk kesiapan mereka di dunia kerja. Dengan demikian, uji kompetensi ini tidak hanya sebagai sarana evaluasi, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran yang komprehensif bagi para asesi.

Terselenggaranya uji kompetensi sertifikasi ini, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi sebagai mahasiswa yang berkompeten, sehingga siap menghadapi tantangan di dunia kerja. Selain itu, kolaborasi antara FPK UINSA dan LSP MSDM Nusantara diharapkan mampu memperkuat sinergi antara institusi pendidikan dan dunia industri, mencetak generasi profesional yang siap berkontribusi di masyarakat.

Writer: Cahaya Kamila Ashari
Editor: Najwa Laska Halqi, Muhammad Syifaul Muntafi, M.Sc.