Berita

Surabaya (14/06/2024) — Turut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikan, Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) kembali mengikuti kegiatan Pra-kolokium II secara daring melalui media zoom. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan yang tempo hari lalu terlaksana pada 31 Mei 2024.

Pihak FPK dihadiri oleh Dr. phil. Khoirun Niam selaku Dekan FPK, Dr. Suryani, S.Ag, S.Psi, M.Si selaku Wakil Dekan (Wadek) I, serta Lufiana Harnany Utami, S.Pd, M.Si selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Psikologi.

Kegiatan ini menjadi forum sharing mengenai struktur mata kuliah yang direncanakan untuk implementasi draf SK oleh Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Draf SK tersebut akan diputuskan pada saat kolokium Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) yang dijadwalkan berlangsung pada bulan Juli mendatang di Surabaya.

Kegiatan jaring aspirasi ini disampaikan oleh tim ad hoc yang dibentuk oleh Badan Pusat AP2TPI. Tim tersebut terdiri dari beberapa anggota perwakilan kampus universitas di Indonesia seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Kristen Maranatha, dan Universitas Airlangga (UNAIR).

Agenda utama dalam kegiatan ini meliputi gambaran umum SK AP2TPI 2024 yang diatur dalam delapan bab dan sembilan pasal. Bahasan selanjutnya yaitu tentang Struktur Kurikulum Program Studi Psikologi jenjang sarjana. Struktur bahan kajian untuk semester 1-5 tersusun atas bahan kajian dasar, keterampilan, dan aplikasi.

Pembahasan juga mencakup struktur kurikulum Program Studi Psikologi jenjang sarjana dengan semester 6-8 yang mencakup bahan kajian regulasi aktivitas belajar di luar program studi. Hal ini mencakup konversi atau tempat kegiatan serta aktivitas belajar di luar program studi, sesuai dengan kebijakan kementerian, universitas, dan program studi terkait.

Kegiatan Pra-kolokium II ini merupakan langkah penting dalam menyempurnakan draf SK kurikulum dan mempersiapkan implementasi peningkatan mutu pendidikan yang lebih baik di masa mendatang.

Writer: M. Ata Zaidan Taufiqi
Editor: Najwa Laska Halqi