Berita

Sidoarjo, 28 April 2024 – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) menggelar kegiatan Penyuluhan Lingkungan “Ramah Bumi” dalam bentuk sosialisasi dan Seminar Aksi kepada Masyarakat Sidoarjo RT 01 RW 04 Desa Berbek, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo di Balai Desa Berbek.

Fatimah Nurkhasanah selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya di desa Berbek, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur agar lebih peduli terhadap kelestarian dan kebersihan lingkungan sekitar. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa kelas E2 Ilmu Komunikasi UINSA angkatan 2023. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah Ibu-ibu PKK dan Karang Taruna sejumlah 25 orang. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Muhammad Ansor Wakil Kepala Desa, Agus Zainuri ketua RT 01, dan Imam Qolbi ketua RW 04.

Muhammad Ansor Wakil selaku Kepala Desa dalam sambutannya mengatakan materi yang disampaikan sangat cocok dan relevan dengan kebutuhan di desa Berbek. Beliau juga berharap masyarakat desa Berbek dapat mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari materi yang disampaikan mahasiswa dan dapat menerapkannya di lingkungan Desa Berbek. Sementara itu, Bu Nita selaku peserta kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menginspirasi masyarakat Desa Berbek untuk lebih peduli tentang lingkungan, apalagi di Desa Berbek juga terdapat program bank sampah.

Gambar kegiatan Bersama Bapak Zainul Abidin selaku Kepala Desa

Fatimah selaku ketua panitia mengatakan bahwa Penyuluhan Lingkungan dengan tema “Ramah Bumi” diisi oleh Muhammad Bahrul sebagai aktivis lingkungan dari Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Sunan Ampel Surabaya (MAPALSA). Muhammad Bahrul menjelaskan mengenai tantangan penghijauan di lahan padat penduduk, solusi penghijauan inovatif, serta contoh studi kasus dan praktek.

Di sisi lain, kegiatan ini direspon oleh ketua RT 01 Agus Zainuri, “ya semoga ilmu yang disampaikan oleh teman – teman mahasiswa disini, dapat bermanfaat sekaligus bisa menjadi inovasi baru untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang belum tercapai, terutama untuk sampah rumah tangga” ujarnya.

Kegiatan ini, berisi pemaparan materi dari MAPALSA dan praktek pembuatan pupuk kompos dari sampah rumah tangga oleh Fathimah Izzatur Rahim, mahasiswa Ilmu Komunikasi UINSA. Praktik pembuatan pupuk kompos yang dilakukan oleh Fathimah dibantu dua partisipan yakni Fitri Mahdiyathul Nashiroh dan Karina Andriani yang mendapat respon positif dari peserta.

 

 

Gambar Demonstrarasi Pembuatan Kompos

Di tengah berlangsungnya kegiatan, panitia memberikan ice breaking sebagai upaya meningkatkan semangat dan kebersamaan para peserta. ice breaking dipandu oleh divisi acara, yakni Hidayatur dan Hafiz. Semangat peserta dapat dirasakan hingga akhir acara berlangsung.

Dari diadakannya kegiatan ini, Perangkat Desa Berbek berharap bahwa seluruh materi yang akan dihadirkan di acara tersebut bermanfaat dan dapat terealisasikan dengan baik bagi Desa Berbek, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo dalam kesadaran menjaga lingkungan.

Prof. Dr. Ali Nurdin, M.Si selaku dosen pembimbing kegiatan ini mengatakan bahwa  kegiatan ini merupakan kontribusi nyata dari para mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat dalam menata lingkungan yang ramah bumi. Kegiatan ini juga sekaligus memberikan pengetahuan dan kesadaran kepada masyarakat bahwa lingkungan sangat urgent bagi kehidupan manusia.

Di akhir acara, Fatimah selaku ketua pelaksana menegaskan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengalaman sehingga semakin meningkatkan kesadaran serta semangat dalam mewujudkan dan menjaga  lingkungan yang sehat dan asri.

Kontributor: Fatimah Nurkhasanah, Aulia Oil Muntaha, Fathimah Izzatur Rahim, Fitri Mahdiyathul Nashiroh, Karina Andriani – Mahasiswa Ilmu Komunikasi