Berita
Tahun ini Gebyar Mahasiswa Matematika atau GEMATIKA 2022 dilaksanakan di Kampus baru UIN Sunan Ampel Surabaya yaitu Kampus 2 UIN Sunan Ampel Surabaya yang terletak di Gunung Anyar Surabaya. Setelah banyak persiapan yang dilakukan, akhirnya GEMATIKA 2022 dilaksanakan secara hybrid. Sebagian acara dilaksanakan secara offline dan sebagian acara dilaksanaakan secara online, salah satunya yaitu LKTIN atau lomba karya tulis ilmiah nasional dilaksanakan secara online di Kampus 2 UIN Sunan Ampel Surabaya lantai 9. LKTIN ini dilaksanakan pada tanggal 24 September 2022 setelah diadakannya Technical Meeting pada 22 September 2022 di Kampus 2 UIN Sunan Ampel Surabaya.

LKTIN ini mengusung sistem presentasi dan tanya jawab yang dibatasi waktu tiap tim 10 menit,7 menit untuk presentasi dan 3 menit untuk tanya jawab. Registrasi dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB dan dilanjutkan dengan Pembukaan acara LKTIN ini oleh saudari Nala Urwatun Nafis selaku MC,setelah pembukaan pada room utama,dilakukan absensi hingga pukul 08.30 oleh masing masing petugas absensi di tiap tiap jenjang (pada SMA ada kak Irene dan maharani untuk mahasiswa), hingga pembukaan berjalan dengan lancar dilanjutkan dengan proses pembagian breakout room zoom untuk presentasi tiap tiap tim,Pada LKTIN GEMATIKA 2022 kali ini diikuti oleh 13 tim pada jenjang mahasiswa dan 20 tim pada jenjang SMA.

Setelah dibagi break out room untuk para presentator tiap urutan,sisa tim yang ada menunggu pada room utama dan secara bergantian akan masuk ke break out room yang telah tersedia.
Break out room zoom terbagi atas 2 yang mana jenjang SMA dimoderatori oleh Riska Nuril F dan jenjang
Mahasiswa oleh Anissa Nurul Farida T, pada tiap tiap break out room tersebut juga ada operator tiap tiap jenjang yang mana pada jenjang SMA ada Rizal Abidin, dan Mahasiswa ada Audyra dewi P.M, untuk tugas Moderator bertugas untuk menengahi tanya jawab antara juri LKTIN dan para tim dan mengingatkan waktu presentasi yang tersisa,sedangkan untuk operator sendiri bertugas untuk membantu para tim apabila ada kendala waktu sharescreen dan memasukkan tim ke breakout room sesuai dengan urutan yang telah ditentukan,Pada LKTIN GEMATIKA 2022 kali ini dihadiri oleh juri-juri yang sangat kompeten, pada jenjang SMA ada Pak Hafiyussholeh, Bu poetrue, dan Bu Dian Yuliati sedangkan untuk jenjang Mahasiswa ada Bu wika diana utami, Bu Hani Khaulasari, dan Bu Nurissaidah.



Pada saat proses presentasi alhamdulillah berjalan lancar,meskipun terkadang ada para tim atau bahkan juri terjadi gangguan sinyal.Di sela sela tahap presentasi dan tanya jawab,Pukul 12.00 dilakukan “ishomah” dan kembali lagi untuk melanjutkan pada pukul 12.30.Pada serangkaian presentasi acara LKTIN ini sempat terjadi kebingungan yang mana juri LKTIN SMA beranggapan bahwa PPT/materi yang diserahkan tidak sesuai dengan juknis awal yang ada,dan untuk waktu presentasi serta tanya jawab yang dinilai terlalu singkat, sehingga panitia bersepakat untuk tahap tanya jawab dibebaskan untuk waktunya,dengan catatan pertanyaan sudah sepenuhnya terjawab oleh para peserta.

Pada LKTIN GEMATIKA 2022 ini khususnya jenjang Mahasiswa terdapat 1 tim yang mengundurkan diri saat akan dipersilahkan untuk presentasi,dengan kesepakatan bersama akhirnya LKTIN mahasiswa berlanjut dengan 12 tim tersisa.Pada pukul 14.15 acara akhirnya ditutup dengan dipandu kembali oleh MC.Pada LKTIN GEMATIKA 2022 ini juga, terdapat perubahan tanggal pengumuman pemenang yang mana awalnya akan disiarkan bersamaan dengan Webinar nasional tanggal 25 September 2022 bergeser menjadi 26 september 2022 dikarenakan para dewan juri meminta tambahan waktu untuk proses penilaian baik itu karya dan presentasi tiap tim.

Pada tanggal 26 September 2022 akhirnya diumumkan para pemenang dari tiap jenjang LKTIN ini, LKTIN SMA 1. MAN 2 GRESIK 4 2. BUNTARA 3. TIM RISET MAN 2 GRESIK dan LKTIN MAHASISWA 1. CAKRAWALA-MONOPOLI 2. GIRLS ON FIRE 3. FLYING GREENHOUSE. Para pemenang tersebut diumumkan pula pada media sosial GEMATIKA 2022. Setelah itu adalah proses penyerahan hadiah yang mana hadiah tersebut dipaketkan oleh pihak panitia penyelenggara terhadap para pemenang. (Din/Mit/Nis)