Berita

Perpustakaan

Monday, 15 August 2022

Lima Mahasiswa Unair Lakukan PKL Selama Libur Semester di Perpustakaan UINSA

Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya kembali mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tujuan magang mahasiswa ilmu perpustakaan. Pada pertengahan bulan Juli 2022, perpustakaan menerima lima mahasiswa praktik kerja lapangan (PKL) yang berasal dari Universitas Airlangga dan pada hari jumat (12 Agustus 2022) dilakukan closing ceremony bagi lima mahasiswa telah menyelesaikan kegiatan PKL. Kelima mahasiswa memberikan cinderamata kepada Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. (kepala perpustakaan) dan begitu pula sebaliknya.

Adapun 5 mahasiswa tersebut berasal dari dua fakultas yang berbeda. Peserta PKL yang pertama yaitu Fitriandini Syahida A.Q. dan Zakiyatul Albi yang berasal dari prodi S1 IImu Informasi dan Perpustakaan. Kedua mahasiswi ini memulai PKL lebih awal yaitu mulai 11 Juli hingga 11 Agustus 2022. Sedangkan peserta PKL dari Program D-III Prodi Perpustakaan adalah Agsi Jihad Sakti, Ficky Dwi Hermawan dan Rizqa Aulia Putri. Mereka mulai melaksanakan PKL pada tanggal 18 Juli hingga 12 Agustus 2022. Meski memiliki perbedaan dalam memulai PKL, namun keduanya sama-sama melaksanakan PKL selama libur semester.

Pelaksanaan praktik kerja lapangan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan efektifitas kegiatan pembelajaran di bangku kuliah. Melalui kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya belajar secara teori, namun juga mempelajari dan mempraktikan ilmu yang telah diperoleh.

Selama melaksanakan PKL, kelima mahasiswa tersebut mendapatkan jadwal secara bergantian di layanan yang terdapat di perpustakaan, sehingga mahasiswa terlibat dan praktik langsung dalam mengelola dan memberikan layanan.

Semoga dengan berakhirnya PKL, kelima mahasiswa mampu menambah wawasan terkait dunia perpustakaan, khususnya perpustakaan perguruan tinggi. (Dep)