Agenda

Gunung Anyar, Surabaya – Rabu (31/01/2024) Prodi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya telah mengadakan Yudisium ke-106 Program Sarjana Tahun Akademik 2023/2024. Acara ini dilaksanakan di Auditorium Lantai 2 FISIP UINSA yang diikuti oleh 132 peserta yudisium dari seluruh elemen fakultas.

Acara Yudisium dimulai pukul 09.00 WIB dan disaat yang bersamaan Prof. Dr. H. Mohammad Kurjum, M.Ag. selaku Dekan Fahum UINSA; Prod. Dr. Kamal Yusuf, S.S., M.Hum. selaku Wakil Dekan I Fahum UINSA; Dr. Hj. Muzaiyanah, M. Fil. I selaku Wakil Dekan II Fahum UINSA; Dr. H. Muhammad Khodafi, M. Si selaku Wakil Dekan III Fahum UINSA beserta Kajur, Sekjur, Kaprodi, dan Sekprodi memasuki ruangan. Iringan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne UINSA mengalun indah sebagai pembuka Yudisium yang khidmat.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Muhammad Haikal, peraih terbaik 1 dalam ajang MTQ Internasional. Selanjutnya, Prof. Dr. H. Mohammad Kurjum, M. Ag. selaku Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UINSA membuka Yudisium ke-106 Tahun Akademik 2023/2024. Dilanjutkan dengan pembacaan SK Yudisium ke-106, SK Yudisum Terbaik, dan SK Yudisium Terbaik Non-Akademik oleh Prof. Dr. phil. Kamal Yusuf, S.S., M. Hum. selaku Wakil Dekan I Fahum UINSA.

Istimewanya dari yudisium ini adalah Prodi Bahasa dan Sastra Arab yang berhasil meluluskan mahasiswi yang menjadi yudisi terbaik pertama dan ketiga tingkat fakultas, Jinani Firdausi As’ad dengan IPK 3.88, dan Khoiru Syafaatin Noviana dengan IPK 3.82. Selain itu, banyak terlibat mahasiswa yang aktif dalam organisasi intra maupun ekstra kampus yang tak lain adalah Ketua Senat, Muhammad Kesit Barnabila dan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fahum UINSA, Muhammad Alfa Choirul Murtadho.

Ini menandakan bahwa aktivis bukan menjadi halangan dan tidak boleh dilupakan sebagai tujuan awal dalam meraih kesuksesan bidang akademis. Satu pesan dari Jinani, yudisi terbaik Fakultas Adab dan Humaniora kepada seluruh mahasiswa fahum yang ia kutip dari salah satu reels fyp di instagram: Tinggalkan zona nyaman, karena zona nyaman akan mematikan potensi secara perlahan Mumpung masih muda, mumpung masih kuat, mumpung belum punya asam urat, mumpung masih belum terlambat, jangan pernah ragu untuk terus melompat, demi masa depan yang lebih kuat.

Kesakralan acara semakin terasa saat doa penutup dipimpin oleh Ketua Jurusan Adab dan Humaniora, Dr. Mirwan Ahmad Taufiq, diiringi dengan penghormatan terakhir melalui lantunan lagu “Padamu Negeri” yang menggetarkan hati.

Keberhasilan para yudisium Prodi Bahasa dan Sastra Arab Fahum UINSA menjadi tonggak bersejarah yang menandai pencapaian akademis mereka. Semoga kelulusan ini membawa kemudahan, keselamatan, keberhasilan, dan berkah dalam perjalanan studi lanjut, karier, serta pengabdian untuk umat, bangsa, dan kemanusiaan. Selamat kepada seluruh yudisium, semoga masa depan mereka dipenuhi dengan prestasi gemilang.