Berita

UINSA Newsroom, Senin (24/06/2024); Senin, 24 Juni 2024 pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2024 di UIN Sunan Ampel (UINSA) resmi dimulai. Sebanyak 13 sesi ujian akan digelar selama lima hari kedepan, hingga 29 Juni 2024 di titik lokasi Kampus A. Yani dan Gunung Anyar UINSA Surabaya.

Panitia pelaksana ujian, Abdullah Rofiq Mas’ud, SK., MM., menjelaskan, bahwa untuk kebutuhan ujian, sebanyak 385 Unit komputer dengan 72 Penanggungjawab Ruang/Pengawas disiagakan di 18 ruang ujian. “Tahun ini, sebanyak 4.173 peserta UMPTKIN yang memilih UINSA sebagai lokasi ujian,” ujar Abdullah Rofiq.

Lebih lanjut dijelaskan, lokasi tes UINSA tersebar di 8 Ruang pada Laboratorium Terintegrasi, dan 3 ruang Laboratorium Komputer Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) yang berlokasi di Kampus UINSA A. Yani. Selain itu, sebanyak 7 ruang ujian juga digelar di Laboratorium Komputer Prodi Matematika dan Prodi Sistem Informasi pada Fakultas Sains dan Teknologi (FST) yang berlokasi di Kampus UINSA Gunung Anyar.

Selain Pengawas, sebanyak 18 Penanggungjawab Teknis/Tim IT, serta Tim Help Desk juga disiagakan dalam rangka memastikan proses ujian berjalan lancar. “Sejauh ini semua berjalan lancar. UINSA sudah sering melakukan tes sejenis sehingga evaluasi dari pelaksanaan sebelumnya sudah sedini mungkin kita antisipasi. Kita berharap, semua berjalan lancar sampai semua sesi selesai,” ujar Abdullah Rofiq.

Panitia Pelaksana yang juga Ketua Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru UINSA tersebut juga menjelaskan, bahwa untuk jalur UM PTKIN 2024, UINSA menyiapkan lebih dari 1.800 kuota. Jumlah ini tersebar di 25 Prodi Keagamaan di 6 Fakultas dengan prodi keagamaan.

“Kita punya total 47 Prodi dengan 9 Fakultas untuk Program Sarjana. Sebanyak 25 Prodi ditawarkan pada jalur masuk PTKIN, dan 22 Prodi lainnya di Jalur seleksi Kemendikbudristek. Mengingat 3 Fakultas lainnya tidak ada Prodi Keagamaan,” terang Abdullah Rofiq.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., berkesempatan melakukan peninjauan lokasi ujian SSE UMPTKIN hari pertama yang berlangsung di Kampus A. Yani Surabaya. Warek AK menyampaikan, persiapan telah dilakukan dengan baik. Mulai dari sarana dan prasarana, termasuk kesiapan aplikasi SSE untuk ujian. “Semua ruangan sudah kita cek, dan tidak ada masalah yang berarti,” ujar Prof. Ali Mudlofir.

Warek AK berharap, kegiatan akan berlangsung lancar hingga hari terakhir ujian. “Semoga semua lancar, ndak ada kendala satu pun,” tukas Prof. Ali Mudlofir. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya
Highlight: Rian