Berita

Sebanyak 11 mahasiswa dari The University of Florida dan The University of Oklahoma melakukan kunjungan ke Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya pada Selasa (11/6/2024). Berkolaborasi dengan UPT Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Ampel Surabaya, kunjungan ini diterima dengan hangat di Student Central Building oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Prof. Dr. H. Achmad Muhibbin Zuhri, M.Ag., dan Kepala UPT Pusat Pengembangan Bahasa.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Achmad Muhibbin Zuhri menyatakan bahwa UINSA sangat terbuka dan antusias dalam menyambut mahasiswa asing, yang terdiri dari 4 mahasiswa dari The University of Florida dan 7 mahasiswa dari The University of Oklahoma. “Kedatangan kalian adalah kesempatan emas untuk saling bertukar budaya dan pengetahuan, serta mempererat hubungan internasional antara mahasiswa UINSA dan mahasiswa dari Amerika Serikat,” ujar Prof. Muhibbin.

Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa dari program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSA dari berbagai program studi; Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Matematika, Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan IPA, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Dikoordinatori oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, agenda kunjungan diawali dengan sesi berbagi pengalaman (sharing session) antara mahasiswa asing dan mahasiswa UINSA. Dalam sesi ini, mereka berbagi pengetahuan tentang budaya masing-masing negara, menciptakan suasana interaktif dan edukatif. Tidak hanya itu, mahasaiswa FTK UINSA juga dapat berlatih berinteraksi sehingga kemampuan berbahasa asing mereka juga dapat dikembangkan.

Setelah sesi berbagi, para mahasiswa asing dan beberapa perwakilan mahasiswa FTK mengunjungi perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. Kunjungan ini memberikan gambaran tentang fasilitas akademik dan sumber daya yang tersedia di UINSA. Kemudian, mereka menuju Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, tujuan utama kunjungan ini.

Di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, para tamu diperkenalkan dengan nasi kuning, salah satu makanan tradisional Indonesia, yang juga menjadi menu santap siang mereka. Sesi makan siang berlangsung dengan interaksi yang hangat dan penuh keakraban antara mahasiswa asing dan mahasiswa FTK.

Setelah makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi singkat di tiga booth budaya yang telah disiapkan, yaitu booth tari tradisional, musik islami (banjari), dan kerajinan tangan ecoprint. Para peserta dibagi menjadi tiga kelompok besar yang bergantian mengunjungi setiap booth, layaknya galeri berjalan (gallery walk).

Di setiap booth, mahasiswa berkesempatan untuk belajar dan mengalami langsung praktik budaya tersebut, baik tari, banjari, dan kerajinan ecoprint. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi refleksi, di mana beberapa perwakilan mahasiswa diminta untuk berbagi pengalaman dan kesan mereka. Kemudian, diadakan kuis kelompok terkait pengetahuan yang telah mereka dapatkan selama kegiatan, dengan hadiah spesial bagi pemenang. Keseruan terasa hingga hampir menjelang sore hari.

Salah satu mahasiswa dari The University of Florida menyampaikan, “Program ini luar biasa, saya bisa mengenal banyak hal seperti tari tradisional, makanan, musik, dan lain-lain. Saya sangat bersyukur bisa mengikuti program ini.”

Kegiatan ini ditutup dengan upacara penutupan yang menyampaikan pesan pentingnya cultural exposure. Pengalaman ini memberikan manfaat besar bagi mahasiswa asing dan mahasiswa FTK UINSA, memperkaya wawasan dan mempererat persahabatan antarbudaya. Kunjungan ini juga diharapkan dapat terus memperkuat capaian-capaian bertaraf Internasional dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. (FI)