Berita

Pendidikan Bahasa Inggris

Monday, 29 August 2022

Laksanakan RDF Kolaboratif, PBI Usung Topik Retrospektif Analisis pada Penelitian

                Research Discussion Forum (RDF) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan merupakan kegiatan rutin bulanan sebagai wadah bagi dosen dari kelompok rumpun bidang ilmu berbagi dan mendiskusikan topik-topik penelitian utamanya pada bidang pembelajaran Bahasa Inggris. Namun ada yang berbeda pada kegiatan RDF pada bulan Agustus 2022 ini. Berbeda dari RDF pada bulan-bulan sebelumnya, RDF kali ini Prodi PBI menggandeng juga Prodi PBI dari UIN Ar Raniry Aceh. Hal ini merupakan bagian dari implementasi hasil MoU dan MoA antara UIN Ar Raniry dan FTK yang telah ditanda tangani pada 27 Juli 2022 yang lalu.

                Kegiatan yang dilaksanakan secara daring pada 29 Agustus 2022 ini mengusung topik tentang Research Trends in ELT: A Retrospective Analysis.  Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. Husniyatus Salamah Zainiyati, M. Ag. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan yang sudah secara rutin dilakukan oleh Prodi PBI ini dan berharap dapat terus dilakukan secara berkelanjutan.  Beliau juga menyampaikan bahwa topik yang diangkat cukup relevan karena dengan retrospektif analysis kita bisa belajar dari apa yang sudah dilakukan oleh orang lain dan mengevaluasi pembelajaran dan penelitian yang kita lakukan.

                Pada kesempatan ini , nasasumber yang berbagi pada kegiatan RDF adalah Prof. Dr. T. Zulfikar, M. Ed. dari UIN Ar Raniry, Aceh. Beliau memaparkan bahwa dengan retrospektif analysis kita dapat melihat kembali apa yang dilakukan orang sehingga dapat digunakan untuk memformulasikan hipotesis dan melakukan tindakan atau melakukan penelitian lanjutan. Berdasarkan salah satu penelitian yg menggunakan retrospektif analisis, Prof. Zulfikar memaparkan bahwa dalam 20 volume jurnal, topik penelitian, tiga topik yang paling banyak dibahas adalah tentang instructional effect, teacher’s cognition dan teacher’s practice. Dari sisi teori, yang banyak digunakan adalah socio cultural theory, psychology dan educational theory. Penelitian-penelitian terdahulu menggunakan metode quasi experimental, observational  studies, approaches to research method, dan classroom instructional procedures. Beliau juga memaparkan beberapa contoh hasil penelitian yang menggunakan retrospective analysis pada penggunaan teknologi pada pembelajaran Bahasa Inggris.

                Selain diikuti oleh dosen Prodi PBI, RDF yang dipandu oleh Koordinator Dosen Rumpun Pembelajaran Bahasa Inggris Mokhamad Syaifudin, Ph.D  kali ini juga diikuti oleh dosen dari Prodi Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora dan dosen-dosen PBI/TBI PTKIN.  Hal ini menunjukkan adanya potensi untuk memperluas kolaborasi utamanya dalam bidang dharma penelitian bagi dosen-dosen pada rumpun bidang ilmu sejenis. Dibagian akhir paparan Prof. Zulfikar menyampaikan bahwa dengan retrospektif analisis kita dapat mengetahui apa yang orang lain sudah lakukan dalam penelitian mereka dan bagaimana kita dapat mempertegas arah dari penelitian kita, baik secara individu maupun kolaboratif.