Berita

Kamis, 24 November 2023 Prodi Hukum Kelas 5B FSH UINSA melakukan kunjungan edukasi ke Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, Surabaya. Kunjungan edukasi ini dalam rangka mempresentasikan tugas akhir mata kuliah Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara. Kegiatan tersebut langsung didampingi oleh Bapak Moch. Djumali, S.H., M.H. selaku dosen pengampu mata kuliah. Para mahasiswa/i Prodi Hukum sangat antusias untuk mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir.

Kunjungan Kejaksaan Tanjung Perak

Setelah sampai di Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, mahasiswa/i Prodi Hukum langsung disambut baik oleh para Jaksa Perdata dan Tata Usaha Negara. Acara diawali dengan pembukaan oleh MC dan sambutan-sambutan. “Harapannya, mahasiswa Prodi Hukum FSH UINSA bisa menjadi penegak hukum seperti berkarir di Kejaksaan,” ungkap Pak Djumali dalam sambutan. “Setelah menjadi penegak hukum, maka kita harus siap dibutuhkan dimana saja dan kapan saja,” tutur Pak Jaksa dalam memberikan sambutan.

Kunjungan Kejaksaan Tanjung Perak

Setelah sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber. Narasumber memberikan materi tentang peran Jaksa, tugas, fungsi, wewenangnya, strukturnya, dan masih banyak lagi. Setelah pemaparan materi usai, acara disambung dengan diskusi. Para mahasiswa/i Prodi Hukum aktif mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Narasumber memberikan jawaban yang logis dan mudah dipahami oleh mahasiswa/i Prodi Hukum.

Tak hanya sampai disitu, acara dilanjutkan dengan presentasi dari beberapa pemakalah dari perwakilan kelompok mahasiswa/i Prodi Hukum kelas 5B. Setelah mempresentasikan makalahnya pada Jaksa, para kelompok diberikan evaluasi dan masukkan dari Jaksa. Jaksa menilai banyak makalah yang pembahasannya sudah lengkap dan jelas. Mungkin hanya ada sedikit perbaikan yang diperlukan untuk terus meningkatkan keaslian teori.

Acara terakhir yakni sesi foto bersama. Seluruh mahasiswa/i Prodi Hukum 5B berbaris rapih untuk foto bersama dengan para Jaksa beserta jajarannya. Tak ketinggalan, Prodi Hukum kelas 5B juga memberikan vandel sebagai tanda kenang-kenangan. Mahasiswa/i Prodi Hukum tidak meninggalkan kesempatan dengan berkeliling di sekitar area Kejaksaan dan mengabadikan momen tersebut.