Berita
Pada tanggal 9 September 2024 hari Senin, Himpunan Mahasiswa (HIMA) Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) mengadakan acara Sinau Aksara Jawa Kuno yang bertepatan dengan Hari Aksara Internasional. Acara ini diperuntukkan untuk kalangan umum yang bertujuan guna untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman yang lebih mengenai Aksara Jawa Kuna. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung lantai 2 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan ini diawali dengan materi tentang pengenalan Aksara Jawa Kuna yang dilanjutkan dengan praktek membaca dan menulis.

Dalam Acara ini peserta sangat antusias untuk belajar membaca Aksara Jawa Kuna. Dalam acara ini HIMA SPI turut serta mengundang Bapak Lucky yaitu pemateri Aksara Jawa Kuna yang berasal dari Nganjuk. Kegiatan ini berjalan dengan sangat kondusif.
Kemudian dalam praktek menulis peserta berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan yang telah diberikan pemateri. Hal tersebut membuat suasana menjadi seru dengan selingan canda tawa ketika para peserta berebut spidol.

Di akhir acara pemateri memberikan cinderamata kepada semua peserta Sinau Aksara sebagai kenang-kenangan. Acara ini berakhir menjelang maghrib dan ditutup dengan sesi foto bersama.
Sebagai anak sejarah kita harus bisa membaca dan memahami aksara kuna guna untuk mengetahui peristiwa melalui peninggalan masa lalu.