Berita

Surabaya, 21 Februari 2024 – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya melaksanakan rapat perdana Laboratorium Haji dan Umroh. Rapat diselenggarakan digedung D1 yang dihadiri oleh Koordinator Laboratorium Haji dan Umroh, Airlangga Bramayudha M.M, Kepala Laboratorium FDK, Moh. Ilham MM., serta para anggota laboratorium yang telah dinyatakan lulus seleksi.

Dalam pertemuan perdana tersebut, para anggota diperkenalkan mengenai gambaran umum Laboratorium Haji dan Umroh. Diketahui bahwasanya Laboratorium Haji dan Umroh FDK sudah beroperasi sejak dulu dan segala bentuk operasional dijalankan oleh para dosen. Kini Laboratorium Haji dan Umroh memberikan peluang bagi para mahasiswa untuk turut andil sebagai ajang pembelajaran serta pengenalan dunia haji dan umroh.

Ilham mengungkapkan bahwa tujuan adanya laboratorium ini untuk memahami mengenai dunia haji dan umroh. Mulai dari rutinitas haji dan umroh, ritual, bimbingan ibadah, dunia travel haji dan umroh, serta aspek-aspek yang berkaitan lainnya.

“Tujuannya untuk membumikan semangat haji dan umroh dikalangan dosen, mahasiswa, dan masyarakat. Harapannya sebagai pembelajaran ketika kuliah juga secara riset,” jelas Ilham.

Airlangga selaku koordinator juga memberikan gambaran terkait apa saja peluang kerja yang dapat diraih para anggota nantinya ketika sudah memiliki ilmu terkait haji dan umroh. Ia menyebutkan bahwa para anggota bisa berpeluang menjadi tour leader haji atau umroh dan muthawwif.

Sebagai upaya dalam mencapai keberlangsungan operasional laboratorium yang efektif maka dibentuk kepengurusan anggota yang terdiri dari ketua, wakil, sekretaris, bendahara, dan divisi-divisi yang mendukung berjalannya kegiatan operasional laboratorium.

Usai terselenggaranya pertemuan perdana tersebut, akan direncanakan pertemuan berikutnya untuk membahas terkait visi, misi, dan program kerja. Diharapkan dengan adanya laboratorium ini dapat menambah wawasan bagi para mahasiswa serta dosen-dosen FDK terkait dunia haji dan umroh. (fdk)