Berita

LP2M report, Jum’at 19 Juli 2024
Jum’at, 19 Juli 2024 telah diselenggarakan acara pembukaan Focus Group Discussion (FGD) Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Menjadi Inkubator Wirausaha Wilayah IV Tahun 2024, di Hotel Santika Premiere, Gubeng, Surabaya. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara UIN Sunan Ampel, yang dipanitiai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Balai Latihan Kerja Komunitas. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, sejak hari Jum’at pada tanggal 19 Juli 2024 hingga Minggu, 21 Juli 2024.

Acara pembukaan dihadiri oleh Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad. Dip. SEA., M.Phil., Ph.D. Ketua LP2M UINSA Dr. H. Moh. Syaeful Bahar, M.Si, dan jajarannya. Serta, Kepala Balai Besar Perluasan Kesempatan Kerja (BBPKK) Lembang, Bandung Barat, Tuti Hariyanti S.T, M.Si, Ketua pelaksana BLKK Widi Widjanarko, Pendamping, Pengelola BLK Komunitas dan 36 peserta yang mendapatkan pendampingan.

Ketua LP2M UINSA, Dr. H. Moh. Syaeful Bahar, M.Si dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih terhadap kerjasama yang telah dipercayakan oleh BLKK Lembang, Bandung, Jawa Barat. Tak hanya itu, ia juga turut berharap kerjasama tersebut terus terjalin dan semoga di tahun berikutnya jumlah pendampingan bertambah.

Ucapan terimakasih tak hanya disampaikan oleh ketua LP2M UINSA, Kepala BBPKK Lembang, Bandung Barat Tuti Hariyanti S.T, M.Si juga menyampaikan hal serupa. Tuti, menjelaskan bahwa kerjasama antara BLKK dengan Perguruan Tinggi Negeri seperti UINSA akan terus dilakukan. Hal ini disebabkan Sumber Daya Manusia yang dimiliki oleh BLKK sangatlah terbatas. Terlebih di setiap PTN pastilah memiliki orang-orang yang kompeten dibidang kewirausahaan untuk menjadi pendamping para komunitas yang terpilih melalui seleksi BLKK. Tak hanya itu, ia juga memaparkan bahwa BLKK sudah mendampingi kurang lebih 4000 komunitas kerja se-Indonesia.

Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya kerjasama yang terjalin antara BLKK dengan UIN Sunan Ampel Surabaya. Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad. Dip. SEA., M.Phil., Ph.D. “Di dunia ini tidak pernah baik-baik saja, kecuali ada Collab. Collaboration kata kuncinya.” ujarnya.

Menurut Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut, Ibu Kepala BLKK telah memiliki kebijakan yang sangat populis. Kebijakan yang dibutuhkan oleh warga masyarakat dengan mengembangkan BLK Komunitas yang tidak hanya sekadar berdaya untuk dirinya saja. Akan tetapi, bagaimana BLKK juga menjadi inkubator bagi pelaku usaha disekelilingnya. Menurutnya, hal tersebut adalah implementasi dari, Khairunnas Anfa’uhum Linnas. Yaitu, “nas” yang dimaksud tidak merujuk pada kata “nas” yang pertama, melainkan orang lain. (Kiyah)