Berita

KKN KOLABORASI UINSA-UNEJ SUKSES GELAR UPACARA DI PUNCAK B-29

UINSA Newsroon, Jumat (18/08/2023); Setelah 3 tahun vakum, upacara kemerdekaan di Puncak B29, Kabupaten Lumajang kembali diselenggarakan. Upacara yang dihelat pada Kamis (17/8) tersebut merupakan hasil kolaborasi kelompok KKN UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dan Universitas Negeri Jember (UNEJ).

Kendati sempat mundur satu jam dari jadwal akibat kendala teknis, Sirojum Munir selaku Ketua Kelompok KKN 73 UINSA menyebutkan, bahwa acara tetap berlangsung kondusif. Sirojum Munir juga menyebutkan, alasan upacara itu diadakan untuk menjaga persatuan dan kesatuan antar suku dan ras sekaligus meningkatkan eksistensi wisata B29.

Upacara kemerdekaan kali ini dihadiri jajaran staf Desa Argosari, Kelompok Peduli Wisata (Pokdarwis) B29, dan Ketua Ansor. Menurut Ketua Kelompok Kesadaran Wisata B29 (Pokdarwis), Abu Hasan, upacara tahun ini terasa berbeda dikarenakan proses renovasi B29 yang sudah rampung ditambah dengan kehadiran para mahasiswa KKN.

Nada serupa juga disebutkan salah satu peserta upacara dari kelompok KKN 73, Marwan Hanan Salsabila. Menurutnya, walaupun medan yang dilalui cukup susah, tetapi dirinya sangat antusias dikarenakan ini pengalaman pertamanya melakukan upacara di Puncak B29.

“Dengan medan yang cukup ekstrim dimana jalur menanjak dan beberapa ruas jalan rusak sekaligus sempit tapi dibalik itu terdapat keseruan yang sangat. Dimana kita disuguhkan oleh perkebunan warga dan terlihat Gunung Semeru dan Argopuro. Dimana diatas puncak kita bisa melihat lautan pasir gunung bromo,” pungkasnya.

Penulis: Raya Akbar Tiar

Editor: Nur Hayati