Berita

KENANG JASA PARA PAHLAWAN, KKN 55 UINSA GELAR KHOTMIL QUR’AN

UINSA Newsroom, Jumat (18/08/2023); Dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-78, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 55 UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar acara Khotmil Qur’an. Kegiatan ini dilakukan untuk mengingat jasa para pahlawan Indonesia, bertempat di Musholla At-Taqwa, Dusun Kauman, Desa Klakah, Kabupaten Lumajang, pada Rabu (16/08/2023).

Acara Khotmil Qur’an dibuka Ustadz Muid dengan ber-tawassul kepada Nabi Muhammad SAW, para sahabat, kedua orang tua, dan para pahlawan. Selain itu, juga ber-tawassul kepada sesepuh Desa Klakah yaitu Mbah Tambak Boyo, Lindu Boyo, Saunah, Buyut Ranukerso, dan Rantijah.

Kegiatan ini disambut baik Tholi selaku salah satu Guru Mengaji di Musholla At-Taqwa Dusun Klakah. “Acara Khotmil Qur’an ini baru pertama kali di Musholla ini. Sebelumnya juga sering diadakan 1 bulan 2x dari rumah ke rumah warga bergantian,” terang Tholi, selaku Guru Mengaji Musholla At-Taqwa.

Antusiasme dari Warga Dusun Kauman juga terlihat dalam berbagai macam suguhan yang diberikan saat acara berlangsung.  “Cuma do’a yang terbaik dan selamat di dunia dan akhirat. Bagus, itu bagus hal yang seperti itu. Seperti yang dijelaskan tadi, Khoirunnaas Anfa’uhum Linnaas, sebaik-baiknya manusia itu adalah manusia yang bisa bermanfaat bagi orang lain,” ujar Tholi.

Ustadz Muid juga menambahkan, bahwa kegiatan Khotmil Qur’an ini juga ditujukan sebagai hadiah bagi orang yang sudah meninggal dan program KKN ini juga sesuai dengan ajaran program dari Nahdlatul Ulama’.

“Bagus, karena bukan hanya kepada yang hidup tapi juga yang meninggal juga dikasih hadiah,” tambah Muid selaku pemimpin kegiatan Khotmil Qur’an. (SRA)

Penulis: Salsabila Rif’atul Abadiah

Editor: Nur Hayati