Berita

FTK UINSA – Rabu(7/02/2024) Mahasiswa FTK UIN Sunan Ampel Surabaya ikuti Kick Off Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) di lantai 9 gedung rektorat secara dan hybrid. Acara tersebut sebagai simbol pelepasan mahasiswa mengikuti program MBKM perdana.

Khususnya MBKM FTK UINSA diikuti oleh 8 program studi yang terdiri dari program asistensi mengajar dan magang. Acara ini pun disambut antusias oleh perwakilan mahasiswa dari setiap prodi yang hadir luring maupun secara daring via zoom dan live streaming youtube. Dalam sambutannya, Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya menyampaikan beberapa poin pentingnya melaksanakan MBKM. “Perubahan begitu cepat, ilmu yang ada pada mata kuliah kalah dengan kebutuhan di lapangan. Maka, Anda harus apa? Jadilah orang yang cerdas dengan kata kunci ‘adaptability’, karena kita butuh merespon perubahan” tutur Prof. Zakki.

 

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan juga merespon dengan baik program ini. Sehingga, FTK memiliki program magang dan asistensi mengajar dengan skala nasional hingga internasional. MBKM perdana FTK, mampu mengantarkan beberapa mahasiswanya untuk merasakan terjun pada masyarakat dalam skala internasional di Sekolah Indonesia Jeddah dan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Dan dalam skala nasional akan melibatkan 77 lembaga mitra untuk mensukseskan MBKM ini.

Beberapa hari lalu, 5 mahasiswa FTK telah tiba di Sekolah Indonesia Jeddah, Arab Saudi untuk melaksanakan MBKM Internasional. Yang akan di susul teman-teman ke Sekolah Indonesia Kuala Lumpur beberapa hari mendatang. “Saya sangat antusias dengan program ini, tidak hanya mengajar, tapi kita pasti juga akan belajar di tempat sekolah-sekolah yang kita datangi. Khususnya di SIKL nanti, tempat baru pasti akan mendatangkan ilmu baru” tutur Jennie salah satu mahasiswa FTK peserta MBKM internasional.

Kegiatan ini menjadi bukti bahwa mahasiswa FTK melangkah cepat dan mampu beradaptasi dengan MBKM perdana sebagai pendidik yang berkualitas internasional. Selamat melaksanakan MBKM untuk seluruh mahasiswa FTK UINSA.