Berita

Pada tanggal 15 – 21 Juli 2024 Departemen Sosial Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA Algebra) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) melaksanakanakan program kerjanya yaitu AKSIOMA atau Aksi Sosial Mahasiswa Matematika. AKSIOMA merupakan program kerja tahunan dari Departemen Sosial Himatika Algebra UIN Sunan Ampel Surabaya. AKSIOMA dapat disebut dengan mini KKN, karena pengabdian kita pada suatu tempat atau desa. AKSIOMA terfokus pada pendidikan dan dapat meningkatkan jiwa sosial. AKSIOMA pada tahun ini dilaksanakan di Desa Kedung Uneng, Kecamatan Bangsal, Kota Mojokerto. Acara ini diikuti oleh seluruh warga di Desa Kedung Uneng, mulai dari anak-anak, ibu-ibu pkk, hingga para warga dari ketiga dusun yaitu Dusun Sukosari, Dusun Kedung Uneng, dan Dusun Sumengko.

Tahun Ini tema yang diangkat adalah ‘’Education Outreach: Bridging Gaps, Inspiring Minds with Mathematics‘’. Acara tersebut berjalan lancar walaupun terdapat beberapa kendala diluar dugaan yang terjadi. Antusias dari para warga serta anak- anak yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini sangat membantu kelancaran jalannya acara.

Terdapat beberapa faktor yang membuat acara tak berjalan lancar sesuai rundown awal, salah satunya perubahan jam kegiatan dari salah satu proker kita yaitu PMB (Pembelajaran Minat Bakat) Kegiatan ini yang semula akan dimulai pukul 16.000 WIB terpaksa harus diganti pada pukul 18.30 WIB yang sebenarnya nya di jam tersebut terdapat kegiatan belajar malam, jadi pada jam tersebut terdapat dua kegiatan yang bersamaan. Akan tetapi kegiatan ini disambut antusias oleh anak-anak disetiap dusun.

Kegiatan ini berjalan selama  7 hari dan pemberangkatan pada hari senin pagi. Ada 7 proker dari kita yaitu:

1. Mengajar

2. Belajar malam

3. Kerajinan

4. Tanaman hijau

5. Pengembangan Minat dan Bakat (PMB)

6. Pleno

7. Satu Hari Tanpa Gadget

Dihari pertama kami berangkat dari UIN Sunan Ampel kampus Gunung Anyar pada jam 08.15 WIB dan sampai di desa Kedunguneng sekitar jam 10.00 WIB, dilanjutkan sebagian dari kami ada yang beberes barang-barang dan juga membersihkan posko, beberapa lainnya yaitu anak acara dan beberapa panitia berkunjung ke sekolah-sekolah setempat dan juga TPQ setempat untuk konfirmasi lebih lanjut. Setelah itu ishoma dan lanjut mempersiapkan acara pembukaan di balai desa yang dihadiri oleh perangkat desa serta para warga. Diacara pembukaan berisi Sambutan-sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu Surya Muhammad Febryan Nugroho, Ketua Himatika Algebra yaitu Syukron Abdul Aziz, dilanjut Pembina Himatika Algebra yaitu Ibu Hani Khaulasari, dan yang terakhir sambutan dari Kepala Desa Kedunguneng yaitu Bapak Muhammad Mashudi. Setelah sambutan terdapat pengenalan AKSIOMA dari Ketua Pelaksana dan setelah itu pengenalan prodi oleh dosen matematika Pak Fadhil. Dan diakhiri oleh doa yang dipimpin warga setempat. Setelah pembukaan selesai dilanjutkan dengan ishoma dan pengenalan lingkungan serta konfirmasi ke pihak TPQ yang berada di Dusun Sukosari. Kegiatan hari pertama diakhiri dengan evaluasi dan istirahat.

Di Hari kedua dan ketiga terdapat beberapa kegiatan. Diawali dengan sholat subuh berjamaah di Masjid Al-Fatah dan dilanjutkan sarapan pada jam 05.30 WIB. Setelah itu ada briefing untuk kegiatan di hari itu. Selanjutnya kami telah membagi tim pengajar untuk langsung terjun ke sekolah-sekolah di Desa Kedung Uneng, di siang hari dilanjutkan ishoma serta persiapan tanaman hijau dan tong sampah dengan mengecat rak serta tong. Di sore hari dilanjutkan dengan mengajar di TPQ yang ada di ketiga dusun Desa Kedung Uneng untuk mengajar kita juga telah membagi tim. Selanjutnya kita ishoma dan persiapan di kegiatan Belajar malam serta PMB yang dilaksanakan di titik yang telah ditentukan pada ketiga dusun dengan pengajar dari panitia yang sudah dibentuk tim. Setelah rangkaian beberapa kegiatan hari itu tentunya diakhir sebelum istirahat kami melaksanakan evaluasi untuk kegiatan hari ini agar kesalahan di hari ini tidak terulang pada hari berikutnya.

Di Hari keempat terdapat beberapa kegiatan, di pagi hari diawali dengan sholat subuh berjamaah di masjid Al-Fatah dan dilanjutkan sarapan pada jam 05.30 WIB. Setelah itu ada briefing untuk kegiatan di hari itu. Selanjutnya kita telah membagi tim pengajar untuk langsung terjun ke sekolah-sekolah di Desa Kedung Uneng, dan selain mengajar kita juga ada kegiatan Pleno yang diisi oleh tim panitia yang telah ditentukan serta diikuti oleh seluruh anggota ibu ibu pkk di Desa Kedung Uneng yaitu membuat kerajinan dari pita satin. Acara ini berjalan lancar dan mendapatkan antusiasme dari ibu ibu yang sangat luar biasa, ibu ibu disana sangat aktif. Di siang hari dilanjutkan dengan ishoma serta penempatan tanaman hijau di balai desa dan tong sampah di masjid-masjid serta balai desa. Di sore hari dilanjutkan dengan mengajar di TPQ yang ada di ketiga dusun Desa Kedung Uneng, untuk mengajar kami juga telah membagi tim. Selanjutnya ishoma dan persiapan di kegiatan belajar malam serta PMB yang dilaksanakan di titik yang telah ditentukan pada ketiga dusun dengan pengajar dari panitia yang sudah dibentuk tim. Setelah rangkaian beberapa kegiatan hari itu tentunya diakhir sebelum istirahat kami melaksanakan evaluasi untuk kegiatan hari ini agar kesalahan di hari ini tidak terulang pada hari berikutnya.

Di Hari kelima terdapat beberapa kegiatan, di pagi hari diawali dengan sholat subuh berjamaah di masjid Al-Fatah dan dilanjutkan sarapan pada jam 05.30 WIB. Setelah itu ada breafing untuk kegiatan di hari itu selanjutnya kita telah membagi tim pengajar untuk langsung terjun ke sekolah-sekolah di Desa Kedung Uneng. Di siang hari dilanjutkan dengan ishoma dan setelah sholat jumat kami para panitia melaksanakan khataman bersama di Masjid Al-Fatah. Di sore hari dilanjutkan dengan mengajar di TPQ yang ada di ketiga dusun desa Kedunguneng untuk mengajar dan kami juga telah membagi tim. Selanjutnya ishoma dan persiapan di kegiatan Belajar malam serta PMB yang dilaksanakan di titik yang telah ditentukan pada ketiga dusun dengan pengajar dari panitia yang sudah dibentuk tim. Setelah rangkaian beberapa kegiatan hari itu tentunya diakhir sebelum istirahat kami melaksanakan evaluasi untuk kegiatan hari ini agar kesalahan di hari ini tidak terulang pada hari berikutnya.

Di Hari ke enam  terdapat beberapa kegiatan, di pagi hari diawali dengan sholat subuh berjamaah di masjid Al-Fatah dan dilanjutkan sarapan pada jam 05.30 WIB. Setelah itu ada breafing untuk kegiatan di hari itu. Selanjutnya  senam pagi bersama ibu ibu di Desa Kedung Uneng dan beberapa tim pengajar kita mengikuti pawai Bulan Muharram yang diadakan sekolah-sekolah di Desa Kedung Uneng. Di siang hari dilanjutkan ishoma. Di sore hari dilanjutkan dengan mengajar di TPQ yang ada di ketiga dusun Desa Kedung Uneng, untuk mengajar kami juga telah membagi tim. Selanjutnya ishoma dan persiapan di kegiatan kerajinan bersama adek-adek serta PMB yang dilaksanakan di titik yang telah ditentukan pada ketiga dusun dengan pengajar dari panitia yang sudah dibentuk tim. Setelah rangkaian beberapa kegiatan hari itu tentunya diakhir sebelum istirahat kami melaksanakan evaluasi untuk kegiatan hari ini agar kesalahan di hari ini tidak terulang pada hari berikutnya.

Dan di hari terakhir seperti pada pagi hari sebelumnya kami melaksanakan sholat subuh dilanjutkan dengan sarapan dan breafing namun di hari terakhir ini kami mengadakan kegiatan dengan anak-anak desa Kedunguneng yaitu satu hari tanpa gadget yang didalamnya terdapat beberapa kegiatan antara lain taman literasi baca dilanjutkan dengan tiga macam game yaitu  estafet sarung, memindahkan sedotan, dan pindah bola. Selain itu terdapat beberapa panitia yang mengikuti kegiatan Fatayat NU se-Kecamatan Bangsal di Masjid Al-Fatah. Di siang hari dilanjutkan ishoma dan persiapam gladi bersih untuk adek-adek yang akan tampil di acara penutupan. Di sore hari dilanjutkan dengan persiapan penutupan. Pukul 18.00 warga-warga Desa Kedung Uneng berdatangan untuk memeriahkan acara penutupan. Di penutupan terdapat beberapa kegiatan yaitu tarian sambutan dari perwakilan panitia dilanjutkan Sambutan-sambutan dari Ketua Pelaksana AKSIOMA Surya Muhammad Febryan Nugroho, Ketua Himatika Algebra yaitu Syukron Abdul Aziz, dilanjut  sambutan dari Kepala Desa Kedunguneng yaitu Bapak Muhammad Mashudi. Setelah sambutan terdapat pemaparan hasil kerja aksioma dari Ketua Pelaksana dan setelah itu penampilan video after movie. Dan diakhiri oleh doa yang dipimpin warga setempat. Setelah itu dilanjutkan acara non formal dengan penampilan adek-adek dari tiga dusun. Setelah acara penutupan selesai para panitia melanjutkan bebersih tempat dan makan lalu dilanjutkan istirahat.

 

Jauh sebelum acara tersebut dilaksanakan, departemen sosial himatika algebra dan para panitia AKSIOMA membuka open donasi berupa uang, baju layak pakai, buku, hingga botol bekas dan kertas bekas yang disebarkan video tiktok. Donasi yang diterima dilear dugaan, yaitu sebesar Rp. 526.500 yang berasal dari warga HIMATIKA Algebra serta dari non HIMATIKA Algebra, selain itu kami juga  berkolaborasi dengan beberapa sponsor sehingga dari beberapa pihak sponsor kami mendapatkan dana sebesar Rp. 4.000.000 dan juga kami panitia aksioma berjualan  menjual makanan, baju thirft, sampai barang barang bekas dibeberapa tempat. Sehingga dari hasil jualan kita mendapatkan hasil sebesar Rp. 3.206.000. Selain itu kami juga mendapatkan beberapa dana dari pihak prodi serta uang aksioma tahun lalu dan juga denda dari beberapa panitia yang telat rapat. Наrараnnya kelak, beberapa kegiatan dari kami bermanfaat bagi warta serta pihak Desa Kedung Uneng dan semoga ilmu dari kita bisa bermanfaat bagi adik-adik di Desa Kedung Uneng di masa yang akan mendatang.