Berita

Semarang, 1-4 Februari 2024 – Kehadiran Kaprodi Studi Agama-Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Dr. Akhmad Siddiq, M.A., dalam acara Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2024 di Semarang adalah bentuk dari concern dan kepedulian prodi dalam upaya mengikuti perkembangan wacana dan isu keagamaan. AICIS kali ini bertajuk “Redefining the Role of Religion in Facing the Humanitarian Crisis.” Dalam perhelatan ini, Akhmad Siddiq, mempresentasikan artikelnya yang berjudul “Reducing Religious Obesity: The Role of Ulama and Muslim Networks in Countering Radicalism.”

Dalam artikelnya Akhmad Siddiq membahas peran ulama dan jaringan muslim di Madura dalam mengatasi radikalisme agama yang marak. Akhmad Siddiq menyoroti pentingnya peran ulama sebagai pemimpin spiritual dan agen perubahan yang dapat membentuk pemahaman Islam yang moderat dan inklusif.

Dalam presentasinya, Akhmad Siddiq menjelaskan istilah religious obesity yang dia ajukan sebagai metafora untuk menggambarkan semangat berlebih yang dimiliki orang-orang beragama yang mengakibatkan mereka cenderung untuk melakukan tindakan radikal dan intoleran. Siddiq menyatakan bahwa para ulama dan jaringan muslim memiliki tanggung jawab untuk mengurangi obesitas keagamaan dengan mempromosikan pemahaman Islam yang seimbang dan berakar pada nilai-nilai toleransi.

Para peserta dalam Sesi Paralel AICIS 2024 memberikan tanggapan positif terhadap presentasi Akhamd Siddiq dan mengapresiasi kontribusinya dalam membahas isu radikalisme dengan pendekatan yang terencana dan konstruktif. Kehadiran Kaprodi Studi Agama-Agama UIN Sunan Ampel Surabaya di AICIS 2024 Semarang menjadi salah satu momen penting yang memperkuat dialog antarilmu pengetahuan dan mendukung upaya pencegahan radikalisme di Indonesia.