Berita

UINSA Newsroom, Jumat (03/11/2023); Mengawali capaian di Jumat pagi, 03 November 2023, Kontingen UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya cabang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Putra sukses sumbangkan medali emas ketiga. Prestasi ini disumbangkan suara emas Muhammad Ihlal Fauqi Assalami, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK).

MTQ menjadi salah satu cabang lomba yang dipertandingkan dalam bidang Seni pada Pekan Olahraga Raga dan Seni se Jawa-Madura (PORSI JAWARA) 1 di UIN Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember. Cabang lomba lainnya di bidang seni yakni MHQ, MSQ, Kaligrafi, Film Pendek, Puitisasi Al-Qur’an, Pop Solo Islami, dan Da’i-Daiyah.

Pembina bidang tilawah, Qomaruddin, S.H.I. mengucapkan terima kasih kepada semua pihak di UINSA yang telah mendukung serta memberikan kepercayaan agar bisa mendidik, membina, serta mendampingi peserta kontingen. Dijelaskan Qomaruddin, bahwa UINSA memiliki kompetensi yang cukup untuk bisa mengikuti berbagai ajang perlombaan.

Sementara itu, Fauqi-panggilan akrab Muhammad Ihlal Fauqi Assalami mengaku sangat senang dapat mewakili UINSA sebagai salah satu delegasi dalam ajang PORSI JAWARA 2023. Hal ini tentu menjadi kesempatan yang tidak terlupakan baginya.

“Sungguh senang karena bisa mewakili Kontingen UINSA dalam perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran dan bertemu dengan qori’-qori’ hebat se Jawa-Madura,” ujar Fauqi.

Kesempatan ini, lanjut Fauqi, juga menjadi ajang bertukar ilmu antar sesama utusan dari PTKIN. “Maju terus Al Quran Indonesia,” serunya.

Qomaruddin pun berharap, kepada segenap kontingen agar menjadikan ajang ini untuk berlatih dan meningkatkan skill. Menang dan kalah, menurutnya adalah bagian dari proses pembelajaran dan menambah pengalaman.
“Mudah-mudahan teman-teman peserta tidak putus asa dan terus berkembang,” tukas Qomaruddin.

Dalam laga yang digelar pada 1-5 November 2023 ini, UINSA mengirim sebanyak 95 kontingen untuk 26 Cabang Lomba. Adapun kontingen yang dijadwalkan berlaga dalam kesempatan ini berasal dari 18 PTKIN. Antara lain UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, UIN Walisongo Semarang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Profesor K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, UIN Raden Mas Said Surakarta, IAIN Kediri, UIN Salatiga, IAIN Kudus, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, IAIN Madura, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, IAIN Ponorogo, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. (Nur/Humas)

Reportase: Nur Hayati (Redaktur)
Foto: Adinda