Berita

UINSA Surabaya_ Program Studi Ilmu Politik FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya ikut berpartisipasi dalam kegiatan Symposium on Indonesian Politics and Asosiasi Prodi Ilmu Politik Indonesia (APSIPOL) Annual Meeting di Semarang Rabu, (01/112023).

Noor Rohman, M.A. (Kaprodi) dan Ajeng Widya Prakasita, M.A. (Sekprodi) delegasi Ilmu Politik FISIP UINSA berkesempatan mempresentasikan abstrak bertajuk “Opening Democratic Space, Improving Bureaucratic Accountability: Citizen Engagement through Public Grievance Service in Urban Governance di depan 31 delegasi Prodi Ilmu Politik se-Indonesia.  

Kegiatan symposium kemudian dilanjut dengan diskusi “Pancasila and Politics: Deconstructing Myth, Ideology, and The Dynamics of Movement”. Hadir sebagai Narasumber Prof. Suyahmo, M.Si dari Universitas Negeri Semarang, Prof. Firman Noor, Ph.D dari BRIN, Andar Nurbowo, Ph.D, dan Aisah Putri Budiarti, S.Sos., M.A.

Dalam kesempatan ini Prof. Suyahmo, M.Si membahas tentang Filsafat Politik dan Pancasila. Prof. Firman Noor, Ph.D membahas Pancasila, Politik dan Nasionalisme. Andar Nurbowo, Ph.D mengupas Pancasila dan Agama: Islam Politik. Kemudian Aisah Putri Budiarti, S.Sos., M.A. (Ph.D Candidate) menutup diskusi dengan topik Pancasila dan Politik: Representasi Perempuan di Ruang Publik.

Setelah semua peserta mengikuti kegiatan diskusi, kegiatan kemudian dilanjut dengan workshop penulisan yang diisi dosen senior Dr. George Towar Iqbal Tawakkal, M.Si.

Dalam pemaparannya Mas George menjelaskan beberapa tips untuk menulis diskusi literatur yang dapat dilakukan melalui beberapa alur. Pertama, menceritakan penelitian-penelitian tentang topik tertentu yang sama lintas lokasi (lintas negara). Kedua, menceritakan penelitian-penelitian yang relevan di lokasi penelitian (kasus lokal di Indonesia). Ketiga, menyatakan rumusan masalah berdasarkan cerita-cerita yang berkembang.

Untuk sekedar diketahui, kegiatan symposium dan annual meeting ini dilaksanakan selama dua hari yakni rabu-kamis, 1-2 November 2023 di Hotel Grasia Semarang dan Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan dihadiri oleh 31 peserta Prodi Ilmu Politik se-Indonesia. Sejumlah delegasi prodi ikut hadir dalam acara  seperti Prodi Ilmu Politik Universitas Indonesia, Prodi Ilmu Politik Universitas Brawijaya, Prodi Ilmu Politik Universitas Andalas, Prodi UIN Syarif Hidayatullah, Prodi  Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar, Prodi Ilmu Politik Universitas Siliwangi, dan Prodi Ilmu Politik lainnya. (Ajeng)