Berita

UINSA Newsroom, Jumat (03/11/2023); Menutup sesi Kamis, 2 November 2023, cabang lomba Pop Solo Islami mencatatkan diri di posisi runner up. Capaian terbaik dua ini diraih Muhammad Thoriq Farchan. Medali ini melengkapi dua medali emas yang sebelumnya diraih cabang lomba Tenis Meja Ganda Putra-Putri.

Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya tersebut menjalani babak penyisihan ketat sejak pagi, hingga berhasil masuk enam besar. Selanjutnya, enam peserta terbaik kembali tampil dengan dua lagu sekaligus sebelum akhirnya dipilih tiga terbaik berdasarkan keputusan dewan juri.

Sempat mengaku tersedak saat perform, Thoriq pun menunggu dengan harap-harap cemas pengumuman dewan juri. Akhirnya, penantian itu terbalas dengan Medali Perak yang diraih. “Terima kasih banyak untuk semuanya, terkhusus untuk ibu saya yang telah mendoakan saya dan juga para warga UINSA Surabaya,” ucap Thoriq-panggilan akrab Muhammad Thoriq Farchan ditemui usai menerima medali juara di Gedung Kuliah Terpadu UIN Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.

Kontingen yang dijadwalkan berlaga pada Pekan Olahraga Raga, Seni, dan Ilmiah se Jawa-Madura (PORSI JAWARA) 1 Tahun 2023 ini berasal dari 18 PTKIN. Antara lain UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, UIN Walisongo Semarang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Profesor K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, UIN Raden Mas Said Surakarta, IAIN Kediri, UIN Salatiga, IAIN Kudus, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, IAIN Madura, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, IAIN Ponorogo, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

UINSA pun mengerahkan sebanyak 95 kontingen untuk 26 Cabang Lomba pada laga yang mengusung tema ‘Unity in Diversity’ ini. “Saya sangat senang bisa mengikuti lomba ini karena disini saya bisa bertemu dengan banyak teman dari berbagai Universitas Islam Negeri dari berbagai Indonesia,” imbuh Thoriq.

Ia pun berharap, kegiatan perlombaan semacam ini dapat terus terselenggara khususnya dalam rangka memantik minat dan bakat mahasiswa. “Terima kasih untuk semuanya,” tukas Thoriq penuh syukur dengan mata berkaca haru usai resmi menerima medali dan boneka maskot PORSI JAWARA 1 Tahun 2023. (Nur/Humas)

Reportase: Nur Hayati (Redaktur)
Foto: Dinda